Es Batu Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Agustus 13, 2019

Es Batu Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Es batu memang dipercaya mampu mempertahankan makeup tahan lama. Selain itu, es batu juga bisa menyembuhkan jerawat. Benarkah?. Menurut salah satu dokter asal Inggris James Amott, es batu dapat membantu penyembuhan jerawat sejak tahun 1925. Manfaatnya :

Mengurangi pembengkakan dan peradangan 

Jerawat yang merah dan bengkak bisa menimbulkan rasa nyeri. Es batu dapat mengurangi kondisi tersebut. Berkat suhunya yang dingin akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan sekaligus nyeri pada kulit.

Mengecilkan pori-pori

Jerawat terjadi karena penyumbatan kotoran dan sel kulit mati di pori-pori kulit yang sehingga menjadi tempat bakteri. Es batu bekerja mengencangkan pori-pori agar bakteri tidak masuk dalam kulit. Es batu lebih efektif untuk mengatasi jenis jerawat meradang seperti papula, nodula, dan pustula jadi tidak efektif untuk komedo.

Untuk menggunakan es batu sebagai penyembuhan jerawat. Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Gunakan ice pack

Jangan langsung menggunakan es batu ke kulit. Kamu bisa menggunakan handuk atau kain katun sebagai pembungkusnya. Gosokan pada area yang berjerawat selama 10 menit dan hentikan selama 3-4 menit lalu aplikasikan kembali. Pastikan tidak menggunakan es batu lebih dari 20 menit.

2. Mencampur es batu dengan bahan alami

Tak ada salahnya membuat jus lemon atau jus tomat yang dibekukan menjadi es batu. Tempelkan es batu campuran tersebut pada area wajah yang meradang. Kamu juga bisa menyeduh teh hijau atau chamomile untuk dibekukan menjadi es batu yang ditempelkan ke wajah.

3. Celupkan wajah pada air es

Ambil air dingin yang diletakkan pada wadah, tambahkan es batu, beberapa potong lemon, dan mentimun. Celupkan wajah ke dalam wadah tersebut selama beberapa detik dan ulangi proses ini setiap dua hingga tiga menit.

4. Gunakan air dingin

Jika hanya jerawat ringan, tidak perlu penggunaan es batu. Tetapi, cukup gunakan air dingin pada pagi dan sore hari. Atau gunakan air dingin untuk membilas pembersih wajahmu,




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak