Efektifkah Produk Perawatan Kulit Bayi untuk Orang Dewasa?

November 06, 2019

Efektifkah Produk Perawatan Kulit Bayi untuk Orang Dewasa?

Beberapa orang dewasa menggunakan produk bayi untuk perawatan kulitnya karena dianggap aman bagi mereka yang berkulit sensitif. Diformulasikan khusus untuk kulit yang masih rentan dan sensitif, produk bayi kerap memiliki tekstur lembut, tidak pedih di mata, dan melembapkan. Sebut saja sabun mandi, sampo, baby oil, hingga losion. Di balik aromanya yang lembut, efektifkah produk perawatan bayi bekerja di kulit orang dewasa?.

Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi memiliki kulit lebih tipis. Meski mampu mempertahankan kelembapan lebih banyak, namun di saat yang bersamaan, kulit mereka juga rentan terhadap kehilangan kadar air yang menyebabkan kulit kering atau ruam.

Setiap harinya, kulit bayi mengalami pertumbuhan, sehingga mudah teriritasi oleh hal-hal kecil. Iritasi kulit yang diderita bayi dapat disebabkan oleh faktor-faktor eksternal, seperti cuaca dingin, gesekan pada bahan pakaian, atau gosokan yang terlalu kuat saat memandikannya. Ini karena epidermis kulit bayi jauh lebih tipis dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh karenanya, kotoran dan bakteri dapat dengan mudah menembus penghalang kulit bayi yang belum mampu bekerja secara optimal.

Lapisan teratas pada kulit bayi adalah epidermis yang tidak menempel pada lapisan di bawahnya, yaitu dermis. Sementara, orang dewasa tertutup dengan rapat sehingga mampu membuat pertahanan pada kulit. Seiring berjalannya waktu, kulit orang dewasa terpapar oleh banyak hal, seperti udara, perubahan lingkungan, atau bahan kimia yang cenderung berdampak buruk pada kulit. Belum lagi, perbedaan jenis kulit yang mana membutuhkan produk perawatan kulit khusus yang mengandung kandungan tertentu untuk merawat kulit agar tetap sehat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa orang dewasa membutuhkan produk perawatan kulit yang lebih spesifik, alih-alih menggunakan produk bayi yang cenderung lembut. Semua produk telah didesain sesuai dengan kebutuhan kulit. Jika orang dewasa menggunakan produk bayi, jadinya tidak memberikan hasil yang efektif. Ini dikarenakan produk bayi tidak didesain untuk kulit yang berminyak, jerawat, kusam, hingga mengangkat sel kulit mati.

Gunakan produk sesuai dengan usia dan kurangi penggunaan sabun antiseptik yang sebaiknya tidak digunakan setiap hari. Penggunaan sabun antiseptik secara terus menerus dapat mengganggu microbiome pada kulit. Oleh karena itu, gunakanlah sabun antiseptik saat kulit mengalami infeksi saja.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak