Efek Samping yang Tidak Kamu Duga Akibat Tindik

Desember 12, 2019

Efek Samping yang Tidak Kamu Duga Akibat Tindik

          Menindik telinga mungkin tidak menjadi masalah, apalagi karena kamu menindik untuk memasangkan anting di telinga. Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa tindikan paling biasa pun dapat memiliki efek samping yang mengerikan. Mulai dari infeksi, bakteri yang tertular melalui darah dan masih banyak lagi. Sama seperti tato, melakukan modifikasi tubuh ternyata memiliki konsekuensi yang mematikan. Meskipun efek samping ini jarang terjadi, kamu mungkin tetap harus mempertimbangkan risiko yang tidak kamu duga akibat tindik.

  • Bekas Keloid

          Keloid adalah jenis bekas luka yang terbentuk oleh jaringan parut yang tumbuh terlalu tinggi. Penderita bekas luka keloid mungkin merasakan nyeri, gatal, dan bekas luka terlihat bengkak serta memiliki warna yang berbeda dengan warna kulit normal. Jenis bekas luka keloid dapat bertambah besar dan mungkin diperlukan perawatan medis untuk menghilangkannya. Meskipun bekas luka keloid dapat diobati, tidak ada jaminan bahwa keloid akan hilang sepenuhnya.

  • Infeksi Darah

          Infeksi darah adalah salah satu ancaman paling berbahaya yang terkait dengan tindikan. Jika tindikan mengakibatkan infeksi, bakteri dapat mencapai aliran darah dan membuat darah itu sendiri beracun.

  • Abses

          Abses kulit dapat terbentuk akibat infeksi bakteri ketika nanah menumpuk di sekitar lokasi penindikan. Abses ini dapat menyebabkan rasa sakit dan gejala lainnya bahkan dapat menjadi sangat serius jika tidak segera diobati. Abses biasanya dapat dikeringkan oleh seorang profesional medis.

  • Reaksi Alergi

          Nikel, komponen populer untuk anting-anting (dan banyak produk lainnya), adalah salah satu logam yang menimbulkan reaksi alergi paling umum. Dalam 24-48 jam setelah kontak dengan nikel, orang yang alergi mungkin mulai merasakan gatal, kemerahan, dan ruam di sekitar lokasi penindikan. Area tersebut kemudian menjadi bercak-bercak dan membentuk lepuhan. Pada kasus yang parah, reaksinya bahkan dapat mengakibatkan serangan asma.

  • Telinga Robek

          Robeknya telinga adalah risiko penindikan telinga. Jika anting-anting tersangkut pada sesuatu, itu bisa merobek kulit, dan anting-anting berat bahkan dapat membelah lobus perlahan-lahan dari waktu ke waktu.

  • Hepatitis

          Senapan tindik yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan infeksi hepatitis. Jika darah masih menempel pada senapan tindik dan tidak dibersihkan dengan benar, bakteri dapat ditularkan ke penerima lain di kemudian hari. Karena alasan ini, banyak organisasi kesehatan masyarakat memperingatkan agar tidak mengunjungi perusahaan tindik yang tidak berlisensi.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak