Dampak Serius dari Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Agustus 28, 2019

Dampak Serius dari Terlalu Banyak Konsumsi Garam

          Bukan cuma sebagai bumbu yang paling penting di dapur, garam ternyata merupakan bahan yang sangat penting untuk tubuh. Di dalam garam terdapat kandungan natrium yang mengatur aliran dan tekanan darah, dan membantu mengirimkan pesan antara saraf dan serat otot. Selain itu garam juga mengandung klorida yang membantu pencernaan. Kedua bahan ini sangat penting untuk menjaga tubuh tetap ternutrisi dengan baik.

          Namun, kandungan garam dalam tubuh tetap harus dibatasi. Seringkali makanan olahan, cepat saji dan kemasan mengandung banyak garam untuk menambah cita rasa. Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat berdampak buruk bagi tubuh. Ketika mengonsumsi garam, ada kandungan natrium dalam garam yang membuat tubuh menahan lebih banyak air dalam tubuh. Ini bisa terjadi karena cara kerja ginjal yang menyaring limbah dari darah, mempertahankan rasio elektrolit khusus, seperti natrium dengan kalium menjadi air.

          Lebih banyak garam yang kamu konsumsi berarti ginjal menyimpan lebih banyak air dalam tubuh. Efeknya yaitu akan terjadi pembengkakan di daerah tangan, lengan, kaki, pergelangan kaki, dan kaki. Lebih banyak cairan dalam tubuh berarti lebih banyak darah mengalir melalui pembuluh darah dan arteri yang seiring waktu dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

          Parahnya lagi, banyak memakan garam membuat kamu menjadi lebih sering haus dan itu merupakan cara alami tubuh untuk memperbaiki rasio natrium dengan air dalam tubuh. Singkatnya, minum banyak air dapat memperburuk masalah edema dan tekanan darah, tetapi tidak cukup minum memaksa tubuh mengeluarkan air dari sel lain, sehingga kamu menjadi dehidrasi.

          Banyak juga orang mencoba diet rendah garam yang dinilai bisa mengecilkan lingkar lengan dan perut. Namun biasanya orang yang diet rendah garam akan menjadi lebih sering buang air kecil. Saat buang air kecil, tubuh kehilangan kalsium dan mineral-mineral lain yang membuat tulang menjadi lemah dan osteoporosis.

          Solusinya yaitu kamu harus lebih berhati-hati saat memilih makanan ataupun saat memasak menggunakan garam. Hindari pemakaian garam berlebih, dan kurangi mengonsumsi camilan yang tinggi kadar garamnya. Perbaiki asupan mineral dalam tubuh dengan minum susu yang kaya akan kalsium. Hal yang penting juga yaitu berolahraga agar tubuh tetap bugar dan sehat.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak