Dampak Mematikan Bila Tidak Memakai Sunscreen

September 10, 2019

Dampak Mematikan Bila Tidak Memakai Sunscreen

          Semua orang sudah tahu bahwa kulit akan menjadi lebih gelap jika tidak memakai sunscreen. Tetapi dampak dari tidak memakai sunscreen bukan hanya terletak pada penampilan kulit. Dampak yang mematikan tidak kamu rasakan langsung namun secara perlahan akan merusak kulitmu bila kamu terus-terusan berada di bawah paparan sinar matahari langsung.

1. Kanker Kulit
          Matahari memancarkan sinar UVA dan UVB. Kedua jenis sinar ini berdampak buruk pada kulit. Sinar UVA secara terus menerus menghancurkan zat-zat yang baik dalam kulit termasuk kolagen yang membuat kulit tetap kencang dan tebal dengan lembab.

          Sinar UVA adalah penyebab utama keriput dan penyumbang utama setiap jenis kanker kulit. Sinar UVA dianggap sebagai pembunuh diam-diam dari matahari karena, tidak seperti sinar UVB, kamu tidak merasakan efek sinar UVA yang merusak kulit secara langsung namun secara perlahan mulai dari terasa terbakar kemudian kulit menjadi rusak di setiap lapisannya. Meskipun tidak menembus kulit atau selalu hadir seperti sinar UVA, sinar UVB sangat kuat. Sinar UVB langsung menyebabkan kulit terbakar dan perubahan warna kulit. Radiasi UVB juga menyebabkan kanker kulit.

          Kedua sinar ini menjadi alasan mengapa kamu harus selalu menggunakan sunscreen yang memiliki SPF tinggi dan spektrum luas yang memberikan perlindungan terhadap sinar UVB dan UVA. Apapun warna kulitmu, sunscreen sangat penting dipakai semua jenis kulit.

2. Keriput, Garis Halus, Bintik Gelap
          Tidak memakai sunscreen juga membuat kulit menjadi semakin tua. Bila kamu tidak memakai sunscreen secara rutin, kulit akan lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus dan bintik gelap. Sinar matahari akan memecah kolagen di dalam kulit yang membuat kulit tetap lembab dan kencang. Berkurangnya kolagen akan membuat tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat. Memakai krim anti-aging memang dapat membantu di malam hari, namun jika pada saat siang hari kamu mengabaikan sunscreen, penuaan kulit akan tetap lebih cepat terjadi.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak