Dampak Buruk Insomnia yang Bikin Ngeri

Oktober 25, 2019

Dampak Buruk Insomnia yang Bikin Ngeri

The National Institutes of Health memperkirakan sekitar 30 persen dari jumlah orang dewasa mengalami gangguan tidur. Sekitar 10 persen dikaitkan dengan gejala insomnia. Penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation (NSF) mengungkapkan lebih dari 50 persen terkena gangguan sulit tidur.

Ganggguan tidur (insomnia) terjadi karena manusia terlalu sering melakukan aktivitas sampai larut malam, seperti lembur kerja, begadang, pekerjaan dan lain sebagainya. Ditambah, gaya hidup yang buruk, seperti tidak pernah olahraga, mengonsumsi alkohol, merokok, tidak memperhatikan makanannya, dan lain-lain. 

Gejala insomnia adalah sulit tertidur, sering terbangun atau gelisah saat tidur, serta suhu tubuh yang meningkat. Sering kali orang yang terkena insomnia memiliki riwayat tidur yang kurang dari 7 jam. Jika dibiarkan, akan membawa dampak buruk bagi tubuh.

Dari sisi kesehatan, insomnia dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, daya ingat menjadi menurun (pelupa), hingga mengganggu kesehatan mental (depresi). Bahkan, berpengaruh pada kulit wajah yang beresiko 2 kali lebih cepat terjadi penuaan dini, kulit menjadi kusam dan berjerawat.  Efek langsung yang bisa dilihat adalah terganggunya emosional seseorang, yaitu menjadi badmood sehingga kegiatan menjadi tidak stabil.

Solusinya, pertama biasakan tidur dengan jam yang teratur. Misalnya, tidur jam 1 maka coba memajukan jam tidur 30 menit lebih cepat secara perlahan. Jika tidak dibiasakan, kedepannya akan lebih kacau jam tidurnya. Kedua, biasakan tidak menonton televisi dan bermain gadget sebelum tidur. Sebab, keduanya membuat kamu menjadi lupa akan waktu. Cahaya atau sinar yang dikeluarkan dari televisi maupun gadget bekerja melawan kualitas kemampuan tubuh untuk menutup mata.

Ketiga, perhatikan kebersihan tempat tidur dengan melakukan pergantian sprei sebanyak 2 kali seminggu. Matikan lampu pada saat tidur serta hindari minuman yang berkafein sebelum tidur. Hal tersebut berpengaruh pada kenyenyakan, kenyamanan dan ketenangan tidur.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak