Cara Terbaik Mengurangi Stres Biar Kulit Gak Jerawatan

September 23, 2019

Cara Terbaik Mengurangi Stres Biar Kulit Gak Jerawatan

          Mengatasi stres merupakan salah satu cara agar kamu terhindar dari jerawat. Stres diketahui sebagai pemicu jerawat karena menyebabkan perubahan hormon pada tubuh yang menyebabkan sebum di wajah diproduksi lebih banyak sehingga menyebabkan jerawat. Untuk mengatasi stres sehari-hari, dibutuhkan relaksasi yang mampu membantu menyegarkan diri dan bermanfaat juga bagi kesehatan jantung.

          Relaksasi berarti memfokuskan kembali perhatian pada sesuatu yang menenangkan dan meningkatkan kesadaran tubuh. Melakukan hal-hal sederhana seperti berpikir positif, menemukan humor, berolahraga, tidur yang cukup, dan melakukan kontak dengan keluarga atau teman juga merupakan awal dari relaksasi yang baik.

          Melatih diri untuk berelaksasi memiliki banyak manfaat, antara lain :

  • Memperlambat laju pernapasan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi aktivitas hormon stres
  • Mengurangi ketegangan otot dan nyeri kronis
  • Memperlambat detak jantung
  • Meningkatkan aliran darah ke otot-otot utama
  • Mempertahankan kadar gula darah normal
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan kepercayaan diri untuk menangani masalah
  • Memperbaiki pencernaan
  • Meningkatkan konsentrasi dan suasana hati
  • Mengurangi kemarahan dan rasa frustasi


          Agar kamu dapat menikmati hasil dari metode relaksasi secara maksimal, kamu dapat menggunakan teknik berikut ini :

  • Relaksasi Autogenik

          Autogenik berarti sesuatu yang berasal dari dalam diri. Dalam teknik relaksasi ini, kamu dapat menggunakan citra visual dan kesadaran tubuh untuk mengurangi stres. Caranya yaitu dengan mengulangi kata-kata atau saran dalam pikiran yang dapat membantu kamu rileks dan mengurangi ketegangan otot. Misalnya, kamu dapat membayangkan suasana damai dan kemudian fokus pada pernapasan yang santai dan memperlambat detak jantung. Kamu juga bisa mencobanya dengan merasakan sensasi fisik yang berbeda, seperti meregangkan setiap lengan atau kaki satu per satu.

  • Relaksasi Otot Progresif

          Dalam teknik relaksasi ini, fokuslah pada bagian otot yang tegang kemudian mulai regangkan masing-masing otot. Dalam satu metode relaksasi otot progresif, mulailah dengan menegangkan dan mengendurkan otot-otot di jari-jari kaki dan secara progresif bergerak ke leher dan kepala. Kamu juga bisa memulai dari arah sebaliknya yaitu mulai dengan kepala dan leher dan turun ke jari-jari kaki. Regangkan otot-otot selama sekitar lima detik dan kemudian rileks selama 30 detik, dan ulangi.

  • Relaksasi Visualisasi

          Teknik relaksasi visualisasi yaitu membentuk citra mental untuk melakukan perjalanan visual ke tempat atau situasi yang damai dan menenangkan. Untuk bersantai menggunakan visualisasi, cobalah untuk menggabungkan sebanyak mungkin indera, termasuk bau, penglihatan, suara, dan sentuhan. Contohnya, jika kamu membayangkan bersantai di lautan, pikirkan tentang aroma air laut, suara ombak, dan kehangatan sinar matahari pada tubuh. Kamu bisa memulainya dengan duduk di tempat yang tenang, memejamkan mata, memakai pakaian yang longgar dan konsentrasikan pada pernapasanmu.

          Selain ketiga teknik relaksasi ini, kamu juga dapat berelaksasi dengan melakukan meditasi, pijat, tai chi, yoga, terapi musik/seni, aromaterapi dan hidroterapi.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak