10 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah

April 29, 2019

10 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah

Memiliki jerawat membandel pasti menyebalkan. Apalagi, jika jerawat tersebut sulit dihilangkan. Penampilan akan menjadi tidak menarik sehingga membuat kita stress sendiri. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada jerawat membandel. Sebab, ada cara cepat untuk menghilangkan jerawat. Bahkan, perawatannya pun cukup mudah sekali.

 

1. Bersihkan wajah secara maksimal

Sisa makeup, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah berpotensi menimbulkan jerawat jika tidak dibersihkan secara maksimal. Untuk kamu yang berjerawat, tidak boleh melewatkan langkah ini. Jika diperlukan, kamu harus melakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water atau cleansing oil untuk membersihkan sisa makeup dan debu. Pilih sabun muka yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk mengatasi masalah jerawat.

2. Kompres jerawat dengan es batu

Es batu mampu memberikan efek cooling pada area yang berjerawat. Manfaatnya, mampu meminimalisir pembuluh darah yang meradang sehingga efektif untuk mengempeskan jerawat dengan cepat. Untuk mengompresnya, kamu harus membungkus es batu dengan kain atau handuk ke area yang berjerawat. Jika es batu langsung ditempelkan ke area berjerawat, justru akan membuat kulit menjadi sensitif dan memerah.

3. Menggunakan Tea Tree Oil

Kandungan ini dipercaya sebagai salah satu bahan aktif yang efektif melawan jerawat. Kandungan anti bakteri di dalamnya mampu meredakan iritasi karena jerawat. Jika wajahmu berjerawat, maka bisa menggunakan produk yang mengandung tea tree oil sebagai skincare kamu. Kamu bisa menggunakannya dalam bentuk facial wash, lotion, masker, ataupun serum.

4. Aloe vera gel

Aloe vera gel berperan sebagai pelembab bagi kulit berjerawat. Teksturnya yang gel dapat menyerap lebih cepat di kulit. Meski kulitmu berjerawat atau berminyak, kamu tetap butuh pelembab agar wajah tidak kering dan tetap sehat. Kamu juga bisa menggunakan aloe vera gel sebagai campuran toner untuk disemprotkan ke area wajah yang berjerawat.

5. Lemon

Menjadikan lemon sebagai masker wajah bisa menghilangkan jerawat dalam waktu tiga hari. Kandungan asam dalam lemon mampu mengurangi minyak dan kemerahan di wajah. Zat citric acid di dalamnya juga berperan membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mencoba masker lemon dengan cara mencampurnya dengan madu. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya.

6. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, mentimun juga mengandung vitamin A, B, dan C. ada juga asam amino serta antioksidan di dalamnya. Kamu hanya perlu menjadikan mentimun ini sebagai masker. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Tomat

Tomat kaya akan kandungan vitamin A dan C yang ampuh membasmi jerawat. Kamu bisa menggunakan tomat ini sebagai masker wajah. Caranya adalah blender tomat sampai halus, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan beberapa saat hingga kering lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan ini secara rutin.

8. Kulit jeruk

Kulit jeruk juga bisa membasmi jerawat dengan cepat. Kandungan antioksidan yang tinggi, flavonoid, vitamin A, dan C mampu membasmi jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, bahkan menghilangkan noda bekas jerawat.

9. Putih telur

Sel bakteri penyebab jerawat dapat hancur dengan enzim lysonzim yang terdapat dalam putih telur. Kamu bisa melakukan ini di rumah. Caranya adalah kocok putih telur hingga mengembang, campurkan perasan jeruk nipis atau lemon agar tidak amis, lalu oleskan ke seluruh wajah. Kemudian diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

10. Hindari junk food

Sejatinya membasmi jerawat dengan cepat tidak hanya diatasi dari luarnya saja. Tetapi, juga harus dari dalam. Kamu perlu menghindari makanan olahan, junk food, produk susu, dan makanan berlemak tinggi. Sebab, makanan ini bisa memperparah jerawatmu. Sebaiknya, konsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, dan gandum agar tubuhmu memperoleh gizi yang baik dan seimbang.




Dan juga Beauty Tips

Makeup Anti Ribet Hanya 5 Menit, Begini Caranya
Makeup Anti Ribet Hanya 5 Menit, Begini Caranya

Juli 23, 2019

Makeup anti ribet dalam 5 menit tetap bisa bikin kamu tampak sempurna cantiknya. Ini hal yang perlu kamu lakukan.

Baca lebih banyak

Cara Mudah Membuat Scrub Bibir
Cara Mudah Membuat Scrub Bibir

Juli 22, 2019

Bibir merupakan bagian kulit yang memiliki lapisan sangat tipis dan transparan. Kebiasaan melembabkan bibir dengan menjilat bibir malah membuat bibir 

Baca lebih banyak

Penyebab Bibir Menipis dan Mengendur
Penyebab Bibir Menipis dan Mengendur

Juli 22, 2019

Tahukah kamu bahwa semakin kamu menua, bibir akan semakin menipis? Mengapa bisa terjadi?

Baca lebih banyak