Cara Mengetahui Apakah Kamu Terlalu Banyak Memakai Skin Care

Desember 05, 2019

Cara Mengetahui Apakah Kamu Terlalu Banyak Memakai Skin Care

          Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Makan terlalu banyak makanan manis bisa menyebabkan kadar gula darah naik, makan terlalu banyak sayur membuat kamu kurang berenergi, namun apa jadinya kalau kamu terlalu banyak memakai skin care? Meskipun tidak ada batasan jumlah pemakaian skin care, apakah benar memakai skin care terlalu banyak justru akan merugikan kulit?

          Sebagian dokter kulit setuju bahwa “less is more” yang berarti pemakaian skin care yang sedikit akan memberikan dampak yang besar bagi kulit. Hal ini tentunya dikembalikan lagi kepada bahan skin care. Untuk bahan-bahan yang berpotensi mengeringkan kulit seperti eksfoliator. Eksfoliasi sendiri bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih di pori-pori kulit. Eksfoliator fisik maupun kimia sebaiknya dipakai dengan bijak karena terlalu sering melakukan eksfoliasi akan membuat kulit terlalu kering sehingga secara alami akan menghasilkan lebih banyak minyak. Inilah yang menjadi penyebab jerawat yang timbul di kemudian hari.

          Tidak ada ukuran yang skin care cocok untuk setiap orang. Setiap orang memiliki jenis kulit, perawatan kulit, kondisi kulit, toleransi terhadap produk yang berbeda. Semua faktor ini mempengaruhi bagaimana kulit merespon skin care yang kamu gunakan. Buatlah rutinitas sederhana dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Misalnya ketika kamu mengalami masalah kulit tertentu, fokuslah untuk mengatasi masalah pertama, kemudian masalah kedua dan seterusnya. Kamu tidak diwajibkan untuk melakukan rutinitas 10 lapisan skin care ala Korea jika tidak memerlukanya.

          Pastikan kamu mengetahui bahwa ada bahan-bahan aktif dalam skin care yang tidak boleh digabungkan atau dipakai pada saat yang sama. Misalnya pemakaian AHA/BHA bersamaan dengan retinol malah akan membuat kulitmu menjadi kering dan sensitif terhadap sinar matahari. Penting juga untuk mengetahui kapan kamu harus menggunakan skin care yang tepat. Seperti penggunaan retinol yang sebaiknya dipakai di malam hari, atau penggunaan asam salisilat yang tidak boleh dipakai setelah eksfoliasi.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak