Cara Mengatasi Kulit Kombinasi

Febuari 11, 2019

Cara Mengatasi Kulit Kombinasi

Tidak mudah merawat kulit kombinasi. Bisa jadi kamu bingung dalam memilih produk skincare. Haruskah menggunakan skincare untuk kulit kering atau berminyak?. Kamu tidak hanya butuh

Gunakan pelembab yang tepat

Kulit kombinasi biasanya berminyak di daerah T zone (dahi, hidung, dan dagu), sementara kering di bagian pipi. Tentu, inilah yang membuat kebanyakan kaum perempuan bingung dalam memilih produk skincare. Cara terbaik untuk merawat kulit kombinasi adalah dengan menggunakan krim khusus untuk kulit berminyak dan pelembab yang tidak mengandung minyak untuk kulit kering. Namun, kini sudah mulai banyak skincare yang dirancang khusus untuk kulit kombinasi.

Pilih pembersih yang tepat

Untuk pembersihnya bisa menggunakan yang berbahan dasar air. Kamu bisa memilih pembersih berbentuk gel atau krim yang sifatnya lebih aman dan lembut untuk kulit kombinasi. Pembersih berbahan dasar air efektif untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di wajah tanpa membuat kulit terasa berminyak atau kering setelahnya.

Pakai toner

Toner bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit kombinasi. Sebab, kulit berminyak dan kering memiliki keseimbangan pH yang berbeda. Tetapi, pastikan toner kamu bebas alkohol agar tidak membuat kulit makin kering dan mencegah produksi minyak berlebih.

Gunakan sunscreen

Sunscreen atau tabir surya tidak sekadar menjaga kulit dari paparan sinar matahari, tetapi juga membantu melembabkan kulit kombinasi. Gunakan sunscreen yang mengandung asam beta hidrosi dan bersifat non comedogenik yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori. Bila sunscreen ini menyebabkan kulit terasa berminyak, beralihlah ke sunscreen berbahan dasar mineral atau bedak bubuk yang lebih aman.

Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi bermanfaat menghilangkan sel kulit mati di wajah, membersihkan pori-pori tersumbat, sekaligus menjaga kulit tetap halus. Gunakan scrub yang mengandung asam hidroksi yang lebih cocok untuk kulit kombinasi. Hindari scrub kasar yang mengandung bahan kimia karena dapat mengiritasi kulit sekaligus meningkatkan produksi minyak di daerah T-zone. Lakukan eksfoliasi sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mengurangi kadar sebum (minyak) dan kotoran di kulit wajah.

Hindari produk mengandung alkohol

Pilihlah skincare yang non alkohol. Alkohol dapat membuat kulit makin kering dan wajah memproduksi minyak secara berlebihan untuk menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit.

Pakai clay mask

Manjakan wajah dengan masker untuk mengencangkan kulit kombinasi. Kamu bisa menggunakan clay mask, karena efektif untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyerap minyak berlebih tanpa mengiritasi kulit.

Gunakan air hangat

Saat mencuci muka, sebaiknya gunakan air hangat agar kelembapan terjaga. Lalu, keringkan dengan menepuk-nepuk wajah dengan menggunakan handuk bersih.

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Cara Pakai Skincare Vitamin C agar Bekerja Maksimal
Cara Pakai Skincare Vitamin C agar Bekerja Maksimal

Juni 18, 2019

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, jika dipakai dengan aturan tepat. Begini cara pemakaian vitamin C yang tepat agar bekerja optimal untuk kecantikan kulit.

Baca lebih banyak

5 Bagian Tubuh yang Paling Cepat Keriput
5 Bagian Tubuh yang Paling Cepat Keriput

Juni 18, 2019

Seluruh bagian tubuh akan mengalami proses penuaan. Namun, ada bagian tubuh yang paling rentan keriput dibanding area lainnya.

Baca lebih banyak

4 Rahasia Mencegah Penuaan yang Jarang Diketahui Orang
4 Rahasia Mencegah Penuaan yang Jarang Diketahui Orang

Juni 17, 2019

Mencegah penuaan kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

Baca lebih banyak