Boleh Nggak Sih Memakai Scrub Badan di Wajah?

Oktober 14, 2019

Boleh Nggak Sih Memakai Scrub Badan di Wajah?

          Ladies, pernahkah kamu memakai lotion badan untuk wajah, atau sabun badan untuk wajah? Kedua hal ini sebenarnya merupakan kesalahan yang umum dilakukan. Lalu bagaimana dengan menggunakan scrub untuk badan sebagai lulur wajah? Kedua produk pengelupasan ini mungkin tampak cukup mirip dari teksturnya. Padahal, ketika dipakai oleh pemilik kulit sensitif, efeknya akan sangat berbeda pada kulit.

          Menggunakan scrub badan di wajah merupakan hal yang seharusnya dihindari. Hal ini dikarenakan kulit di bagian wajah lebih tipis dibandingkan kulit di badan sehingga scrub badan biasanya lebih tebal konsistensinya dibandingkan scrub wajah. Scrub badan juga memiliki konsentrasi asam yang lebih kuat, sehingga jika dipakai di wajah dapat menyebabkan jerawat dan iritasi. Untuk mendapatkan manfaat scrub yang tepat, kamu harus mengikuti tips berikut ini!

1. Frekuensi Pemakaian Scrub
          Seberapa sering kamu melakukan eksfoliasi menggunakan scrub? Hal ini berbeda-beda untuk setiap orang. Jika kamu belum tahu, mulailah dengan melakukan pengelupasan kulit seminggu sekali. Kemudian tambah frekuensinya saat kamu merasakan butuh eksfoliasi. Namun pastikan untuk tidak terlalu sering melakukan eksfoliasi karena akan membuat kulit iritasi.

2. Cari Tahu Bahan
          Ada beberapa bahan skin care yang dapat memengaruhi keefektifan eksfoliasi. Penggunaan bahan skin care seperti retinol dan benzoil peroksida tidak dianjurkan ketika kamu sudah melakukan eksfoliasi. Jika kamu menggunakan kedua bahan ini, maka tidak diperlukan lagi eksfoliasi. Hal ini dikarenakan penggunaannya setelah melakukan eksfoliasi akan membuat kulit lebih sensitif, kering, bahkan berjerawat.

3. Pertimbangkan Jenis Kulit
          Penting bagi kamu untuk memakai eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, sensitif atau cenderung berjerawat gunakan eksfoliator yang ringan, sedangkan jenis kulit berminyak lebih cocok memakai eksfoliator yang lebih kuat.

4. Scrub dengan Lembut
          Meskipun produk scrub yang kamu gunakan memiliki komposisi yang lembut, kamu tetap harus memakainya dengan lembut juga. Pakailah scrub di wajah dengan gerakan melingkar selama sekitar 30 detik kemudian bilas dengan air hangat. Hindari melakukan eksfoliasi apabila kamu memiliki kulit terluka atau terbakar sinar matahari.

5. Selalu Pakai Pelembab
          Setelah melakukan 4 tips di atas, melembabkan kulit merupakan hal yang wajib dilakukan. Scrub masih bisa berpotensi mengeringkan kulit. Oleh karena itu, setelah melakukan eksfoliasi, jangan lupa untuk memakai pelembab agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak