Bingung Menentukan Jenis Kulit? Ini Lho Caranya!

November 04, 2019

Bingung Menentukan Jenis Kulit? Ini Lho Caranya!

          Apa jenis kulitmu? Apakah itu kering, berminyak, atau kombinasi? Sebelum melakukan perawatan kulit, sangatlah penting untuk mengetahui jenis kulit terlebih dahulu. Hal ini tentunya untuk meminimalisir kesalahan pemakaian produk skin care sehingga kamu mengetahui lebih spesifik jenis skin care apa yang tepat untuk mengatasi masalah kulitmu. Kebanyakan orang termasuk dalam salah satu jenis kulit yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi.
 
1. Kulit Normal
          Kulit normal sering seimbang tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering sepanjang hari. Tetapi biasanya kulit normal jarang terjadi. Untuk merawat kulit yang normal tidak perlu terlalu repot. kamu tinggal menggunakan sabun pembersih yang lembut, mengoleskan pelembab dan tabir surya setiap hari. Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi untuk mencegah sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori selama beberapa kali seminggu.
 
2. Kulit Kering
          Kulit kering dapat dengan mudah dideteksi. Jika kamu melihat kulit tampak kusam, terkadang gatal bahkan pecah-pecah, itu adalah tanda-tanda kulit kering. Hal ini juga semakin jelas ketika muncul serpihan kulit yang terangkat akibat terlalu kering. Untuk merawat kulit yang kering, pelembab adalah kuncinya. Hindari sabun pembersih wajah yang dapat membuat kulit menjadi kering dan kesat. Gunakan sabun cuci muka yang melembabkan kulit kemudian juga selalu pakai pelembab setiap hari. Kamu juga dapat menggunakan pelembab yang diformulasikan dengan tabir surya berspektrum luas setiap hari untuk menjaga kelembaban kulit.
 
3. Kulit Berminyak
          Cara termudah untuk mendeteksi kulit berminyak adalah kulit yang mengkilap. Karena kelenjar sebaceous dalam jenis kulit berminyak lebih aktif, jenis kulit berminyak mungkin lebih rentan terhadap jerawat. Untuk membuktikannya, kamu dapat mengambil selembar kertas minyak kemudian tempelkan di berbagai area wajah, maka kamu akan menemukan bagian kulit mana saja yang berminyak. Untuk merawat kulit berminyak diperlukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu. Kemudian gunakanlah skin care yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat dan asam glikolat untuk mengontrol minyak dan mencegah bakteri penyebab jerawat. Hati-hati untuk tidak memakai asam salisilat atau asam glikolat secara berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi. Selanjutnya kamu harus menggunakan pelembab ringan berbasis gel, bebas minyak dan tetap gunakan tabir surya setiap hari.
 
4. Kulit Kombinasi
          Jenis kulit kombinasi adalah jenis kulit yang paling umum. Kulit kombinasi sering ditandai dengan kulit yang kering di beberapa area sedangkan area lainnya merupakan kulit yang kering. Biasanya daerah kulit yang berminyak adalah di daerah T-zone (dahi, hidung dan dagu) sedangkan daerah yang kering berada di pipi. Cukup sulit untuk memakai skin care karena kulit kering dan berminyak merupakan hal yang berbeda, namun bukan berarti tidak mungkin. Gunakan sabun pencuci wajah yang lembut dan tidak mengiritasi kulit untuk menghapus kotoran, minyak berlebih dan semua residu di permukaan kulit. Kemudian lanjutkan dengan pemakaian toner yang menutrisi sekaligus menyeimbangkan kadar pH kulit. Lanjutkan dengan pemakaian pelembab yang tidak mengandung minyak dan tutup dengan pemakaian tabir surya.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak