Bermanfaatkah Skin Fasting bagi Kulit?

September 27, 2019

Bermanfaatkah Skin Fasting bagi Kulit?

Ternyata kulit tidak hanya butuh bernapas dari makeup, melainkan skincare pun sama. Saat ini, wanita banyak yang menerapkan skin fasting alias mengistirahatkan kulit dari bahan kimia perawatan kulit. Awalnya, skin fasting diperkenalkan oleh perusahaan skincare asal Jepang. Mereka percaya skin fasting menjadi salah satu cara untuk mendetoksifikasi kulit karena kulit beregenerasi tiap bulannya. Namun, bermanfaatkah skin fasting bagi kulit?.

Pada dasarnya, kulit memiliki kemampuan untuk merawat dirinya sendiri selama diberi kesempatan. Artinya, kamu perlu mengistirahatkan kulit dari beragam produk perawatan agar kulit berkesempatan bekerja sendiri memperbaiki permasalahan di dalamnya. Namun, ini juga dipengaruhi dari apa yang kamu konsumsi. Sebab,  makanan sehat yang kamu konsumsi memengaruhi kinerja kulit dari dalam, sedangkan skincare membantu perbaikan dari luar.

Selain itu, kulit menghasilkan zat minyak atau sebum yang terdiri dari berbagai asam lemak guna mencegah kulit dehidrasi. Ini yang menjadi dasar kulit memiliki kelembapan alaminya sendiri. Beberapa penelitian menyebut bahwa produk perawatan kulit harus disusun menyerupai pola molekul sebum, sehingga pertukaran gas dalam sel kulit tidak terhambat.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mencoba skin fasting?. Kamu bisa mencoba skin fasting ketika pergantian musim. Kamu bisa melakukannya selama dua hingga tiga minggu atau satu sampai dua hari seminggu. Skin fasting juga menguntungkan buat kamu dalam melihat kecocokan produk skincare yang digunakan.

Skin fasting biasanya tidak akan bekerja dengan baik ketika kamu sedang menjalani perawatan jerawat atau eksim. Disarankan, skin fasting hanya untuk kulit normal. Sebab, jika kamu memiliki kulit berminyak menerapkan skin fasting justru akan menjadikan kulit berjerawat. Pemilik kulit kering, justru hanya akan membuat kulit semakin dehidrasi. 

Sebagai tambahan, kamu bisa menggunakan air hangat, minum air putih, dan coba untuk ke luar ruangan tanpa bantuan produk skincare. Skin fasting akan meminimalisir kulit dari paparan bahan kimia dalam skincare yang bisa merusak kulit.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak