Beragam Jenis dan Fungsi Clay Mask yang Bagus untuk Kulit

Juli 18, 2019

Beragam Jenis dan Fungsi Clay Mask yang Bagus untuk Kulit

          Merawat kulit menggunakan tanah terdengar sangat kotor. Tetapi dengan menggunakan clay mask atau masker tanah liat, kamu bisa dapatkan kulit yang lebih sehat setiap harinya! Clay mask terkenal karena sifat pembersihan dan pemurniannya yang menakjubkan. Tanah liat alami telah digunakan pada kulit selama berabad-abad, dan terus menjadi bahan yang sering digunakan dalam produk skin care.

          Clay mask merupakan zat mineral lunak yang berbutir halus. Ada berbagai jenis clay mask yang bervariasi tergantung pada komposisi asalnya. Sementara kegunaan setiap clay mask bervariasi. Clay mask paling sering digunakan karena daya penyerapannya. Ketika dipakai, clay mask akan menarik minyak berlebih dari kulit, menjadikannya kulit yang seimbang dan bersih. Ada beragam jenis clay mask, dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Yuk kita telusuri lebih lanjut!

1. Kaolin Clay


          Kaolin clay adalah tanah liat bubuk yang sangat halus, dengan kemampuan menyerap lebih sedikit daripada jenis clay lainnya. Ini membuat kaolin clay cocok digunakan pemilik kulit sensitif dan kering. Warna kaolin clay yang paling umum adalah off-white. Tekstur halus membuatnya mudah untuk dimasukkan ke dalam berbagai jenis skin care seperti eyeshadow, beragam jenis make up, sabun mandi, bath bomb dan banyak lagi.

2. Brazilian Clay


          Brazilian clay memiliki jumlah penyerapan "rata-rata", menjadikannya cocok untuk berbagai jenis kulit. Brazilian clay mirip seperti kaolin clay namun memiliki beragam warna yang cerah. Brazilian memiliki berbagai warna alami yang tidak ditambahkan pewarna atau pigmen apapun. Brazilian clay dapat ditemukan dalam berbagai warna yaitu warna natural Brazil, ungu, kuning, pink, dan merah tua. Variasi warna ini didapatkan dari beberapa jenis kandungan mineral dalam tanah di berbagai daerah di Brasil.

3. Rose Clay


          Rose clay juga memiliki tekstur halus seperti kaolin clay, dan cocok untuk kulit kering. Rose clay berwarna pink muda sampai sedang, yang berasal dari oksidasi kandungan besi yang terjadi secara alami. Dalam beberapa kemungkinan, rose clay dapat berwarna merah tua atau oranye. Rose clay dapat digunakan sebagai campuran sabun yang bagus untuk kulit dan kemampuan menyerap minyak yang lembut.

4. Bentonite Clay


          Bentonite clay dibuat dari abu vulkanik dan paling banyak diproduksi oleh negara bagian Amerika Serikat di Wyoming. Apabila bentonite clay disisipkan pada produk mandi atau make up akan memiliki efek yang bagus. Tekstur bentonite yang halus membuat bahan ini cocok sebagai sabun cukur, karena membantu pisau cukur meluncur di atas kulit. Bentonite clay memiliki sifat menyerap minyak yang kuat, dan mampu menyerap lebih dari massa clay nya sendiri di dalam air. Hal ini membuat bentonite clay menjadi pilihan yang bagus untuk kulit yang sangat berminyak.

5. Sea Clay


          Sea clay berwarna hijau tua karena berasal dari lumpur di bawah laut jutaan tahun yang lalu. Sea clay memiliki warna hijau tua keabu-abuan. Sea clay biasanya digunakan dalam masker wajah untuk membersihkan kulit. Sangat cocok untuk jenis kulit normal hingga berminyak.

6. French Green Clay


          Clay ini berasal dari Perancis dan dikenal karena sifat menyerap minyaknya yang luar biasa. French green clay memiliki tekstur halus dan umumnya digunakan untuk menyerap minyak pada masker wajah. French green clay memiliki warna hijau muda yang berasal dari bahan tanaman yang terurai dan oksidasi kandungan besi di dalamnya. Clay ini paling cocok digunakan pemilik kulit berminyak.

7. Green Zeolite Clay


          Zeolite ​​adalah mineral berukuran mikro yang terbentuk ketika batuan vulkanik dan abu bereaksi dengan air tanah alkali. Green zeolite clay memiliki tekstur sedikit lebih besar daripada kebanyakan tanah liat. Karena teksturnya yang lebih besar, green zeolite clay dapat dipakai sebagai eksfoliator yang sangat lembut. Selain itu, green zeolite clay juga memiliki sifat penyerapan yang bagus sehingga paling cocok untuk jenis kulit normal hingga berminyak.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak