Bebas Jerawat dengan Acne Clearing Diet

Juni 26, 2019

Bebas Jerawat dengan Acne Clearing Diet

          Ladies, kamu tentu tahu bahwa jerawat berkembang ketika pori-pori di kulit menjadi tersumbat dengan sel-sel kulit mati, bakteri, atau keduanya. Penyumbatan ini juga terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak minyak sebum. Selama pubertas, tubuh memproduksi lebih banyak hormon yang disebut insulin-like growth factor 1 (IGF-1). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa IGF-1 dapat meningkatkan produksi sebum dan memperburuk gejala jerawat. Selain dari hormon, ternyata level IGF-1 juga dapat meningkat karena faktor makanan.

          Bagi kamu yang sedang mengalami masalah jerawat, kamu dapat menghindari makanan tertentu atau dikenal dengan istilah Acne Clearing Diet yang bisa membantu membersihkan jerawat.
Makanan yang harus kamu hindari :

  •  produk susu sapi termasuk keju, es krim, dan yogurt.
  • roti, terutama roti putih dan bagel
  • sereal sarapan manis, seperti sereal jagung, sereal gandum, dan sereal bekatul
  • sereal instan, seperti oatmeal dan bubur jagung
  • beberapa buah dan sayuran, termasuk melon, nanas, labu, dan kentang
  • pasta yang diperkaya nutrisi, seperti pasta berbasis beras
  • makanan ringan, seperti pretzel, kue beras, dan popcorn
  • makan coklat juga dapat memperburuk gejala jerawat. Efek ini kemungkinan merupakan hasil dari kandungan gula yang tinggi pada cokelat. Namun, hasil penelitian kecil menunjukkan bahwa cokelat tanpa pemanis yang mengandung 100 persen kakao juga dapat memperburuk gejala pada pria muda yang memiliki riwayat jerawat.
Untuk membantu mengurangi peradangan jerawat, kamu juga dapat mengganti makananmu dengan makanan yang kaya asam lemak omega-3 antara lain :
  • ikan, seperti ikan kembung, salmon, dan sarden
  • telur ayam kampung
  • kedelai dan produk kedelai, seperti tahu
  • bayam dan kangkung
  • daging sapi yang diberi makan rumput
  • kacang-kacangan, seperti kacang kenari, navy dan almond
  • flaxseeds (biji rami)
  • biji mustard
  • makanan yang kaya antioksidan dan serat 
          Jangan lupa untuk menyusun jadwal makanan apa saja yang kamu konsumsi. Dengan menyimpan buku harian catatan makanan, kamu dapat membantu mengidentifikasi makanan yang memicu atau memperburuk jerawat. Catat setiap jenis dan beratnya gejala jerawat yang berkembang setiap hari. Kamu juga bisa menunjukkan catatan makanan ini kepada dokter sehingga ia bisa memberi saran tentang pola makan yang kamu butuhkan. Saat menjalani Acne Clearing DIet, penting untuk bersabar. Perlu waktu hingga 12 minggu agar terlihat efek nyata dari perubahan pola makan kamu.



Dan juga Beauty Tips

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Jerawat
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Jerawat

Agustus 20, 2019

Jerawat sebenarnya bisa dicegah dengan kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari.

Baca lebih banyak

Perbedaan Perawatan Kulit Pagi dan Malam Hari
Perbedaan Perawatan Kulit Pagi dan Malam Hari

Agustus 20, 2019

Rutinitas perawatan kulit pagi dan malam hari itu berbeda. Sebab, penggunaan skincare itu harus sesuai yang dibutuhkan kulit.

Baca lebih banyak

Mengenal Kandungan Skincare Polyglutamic Acid dan Manfaatnya
Mengenal Kandungan Skincare Polyglutamic Acid dan Manfaatnya

Agustus 19, 2019

Bintang baru di dunia skincare, Polyglutamic acid. Kandungan skincare ini jauh lebih ampuh dibanding klan acid lainnya.

Baca lebih banyak