Bantu Tekan Timbulnya Jerawat dengan Cuka Sari Apel

Juli 31, 2019

Bantu Tekan Timbulnya Jerawat dengan Cuka Sari Apel

          Daripada ribet mencari cara untuk atasi jerawat, kamu bisa lho memakai cuka sari apel yang bisa mengurangi jerawat! Bahan yang bisa kamu temukan di dapur ini seringkali memang dipakai untuk masak. Tetapi kegunaannya bukan cuma untuk menyedapkan makanan kok. Cuka sari apel dibuat dengan cara memfermentasi sari apel, atau jus tanpa filter dari apel yang ditekan.

          Cuka sari apel memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kadar gula darah, menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kanker. Cuka sari apel terkenal karena kemampuannya membunuh banyak jenis bakteri dan virus. Nah, cuka sari apel ini dapat mengurangi bakteri hingga 90% dan virus tertentu sebesar 95%. Jenis bakteri yang berkontribusi pada pengembangan jerawat dikenal sebagai Propionibacterium acnes, atau P. acnes. Cuka sari apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat, yang semuanya terbukti membunuh P. acnes.

          Tidak hanya itu, beberapa asam organik dalam cuka sari apel juga membantu mengatasi perubahan warna kulit dan mencegah terbentuknya jaringan parut setelah jerawat sembuh. Asam ini akan menghilangkan lapisan luar kulit yang rusak dan mendorong regenerasi sel kulit baru.

          Tetapi, karena sifatnya yang sangat asam, kamu harus berhati-hati jika ingin mengaplikasikannya langsung ke kulit karena dapat menyebabkan luka bakar. Untuk mencegah kerusakan kulit, cuka sari apel harus digunakan dalam jumlah kecil dan diencerkan dengan air. Hindari juga penggunaan cuka sari apel pada kulit sensitif dan luka terbuka, karena dapat menyebabkan rasa sakit atau kerusakan kulit. Jika kamu mengoleskan cuka sari apel ke kulit dan merasakan sensasi terbakar, cobalah mengencerkannya dengan lebih banyak air.

Cara memakai cuka sari apel untuk jerawat:

  • Campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1:3. Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu boleh menambahkan lebih banyak air.
  • Bersihkan wajah dengan sabun wajah yang ringan dan keringkan.
  • Gunakan kapas bentuk bola kemudian oleskan campuran cuka sari apel dengan lembut ke kulit yang berjerawat.
  • Diamkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan.



Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak