Bahaya Kandungan Parfum/Fragrance Pada Skin Care

Juli 25, 2019

Bahaya Kandungan Parfum/Fragrance Pada Skin Care

          Kamu mungkin berpikir bahwa sedikit kandungan parfum/fragrance tidak menjadi masalah bagimu. Kamu lebih suka produk yang wangi daripada memakai produk skin care dengan bau kimia. Padahal sebenarnya bahaya parfum/fragrance sedang mengancam kesehatanmu.

          Mengapa sebenarnya fragrance sering dipakai dalam produk skin care? Hal ini sebenarnya dikarenakan pembeli/pemakai skin care cenderung memilih produk yang memiliki wangi dan tidak berbau kimia. Alasan skin care membutuhkan fragrance karena produk skin care tidak memiliki aroma yang wangi dengan sendirinya. Karena itu dibutuhkan campuran pewangi untuk menutupi aroma tidak sedap.

          Penambahan fragrance pada skin care bukan merupakan keharusan. Namun seringkali produk skin care yang berbau kimia dicap memiliki terlalu banyak bahan kimia berbahaya yang mendominasi atau sudah kadaluarsa karena berbau aneh. Padahal produk skin care yang memiliki bau kimia belum tentu sepenuhnya berbahaya.

          Parfum/fragrance, baik yang alami maupun buatan, semuanya merupakan alergen. Ini berarti ketika diaplikasikan parfum/fragrance dapat menyebabkan kulit teriritasi, menjadi sensitif dan memiliki reaksi alergi. Jangan tertipu dengan berpikir bahwa fragrance hanya mempengaruhi kulit yang sensitif, karena alergen dapat mempengaruhi semua jenis kulit.

          Efek pemakaian fragrance pada skin care sebenarnya sama seperti merokok. Kamu tidak dapat melihat bahwa nikotin dan tar sudah menumpuk di paru-paru, dan akan baru terasa efeknya di masa depan secara tiba-tiba. Efek dari kandungan fragrance dalam skin care tidak terasa langsung, tetapi akan menumpuk penyakit yang akan dirasakan di masa depan.

          Untuk merasakan manfaat skin care yang sesungguhnya, bukanlah hal yang bijak untuk menilai skin care berdasarkan aromanya. Hal terpenting dalam skin care yaitu kandungan bahan yang tertera di label produk. Carilah produk skin care yang tidak mengandung fragrance atau memiliki wangi alami dari essential oil.

          Ada banyak minyak nabati dan ekstrak yang memiliki manfaat luar biasa bagi kulit namun tidak berbau harum. Beberapa bahan alami memiliki aroma yang wangi tetapi tidak menyebabkan iritasi dan bagus untuk kulit. Contohnya termasuk melon, vanila, mentimun, lidah buaya, almond, mangga, kelapa, cocoa butter, shea butter, dan mentimun.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak