Bahan Dapur Atasi Kuku Jari Menguning dan Berjamur

Agustus 26, 2019

Bahan Dapur Atasi Kuku Jari Menguning dan Berjamur

          Ladies, tahukah kamu bahwa kuku jari yang menjadi berwarna kuning kecoklatan berarti berjamur? Tidak hanya kuku jari menjadi tidak indah dipandang, jamur ini juga akan menginfeksi kulit di bawah kuku jari. Bagaimana jamur kuku bisa terbentuk dan bagaimana cara mengatasinya? Baca sampai habis ya, Ladies!

          Jamur kuku jari kaki adalah infeksi umum pada kuku jari kaki. Penyakit ini menular, sehingga seringkali bermula hanya dari satu kuku jari dan menyebar ke beberapa kuku lainnya. Jamur kuku jari bisa saja terjadi jika kamu tinggal di tempat yang hangat dan lembab. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang suka melakukan aktivitas gym dan berenang. Jamur kuku jari akan lebih mudah terbentuk pada orang yang memakai sepatu yang berkeringat, basah atau tidak adanya sirkulasi udara sepanjang hari.

Kriteria lain orang yang dapat terkena jamur kuku jari yaitu :

  • Seorang atlet yang berkeringat
  • Pernah mengalami infeksi di kuku jari
  • Penderita diabetes
  • Penderita psoriasis
  • Sistem kekebalan tubuh lemah
  • Seorang perokok
  • Sering menghabiskan banyak waktu tanpa alas kaki
  • Sering mengenakan sepatu kaki tertutup, ketat dan kaki berkeringat
  • Sering menghabiskan banyak waktu di air


          Untuk mengatasinya, biasanya penggunaan obat anti jamur menjadi hal yang efektif, namun beberapa orang mengalami efek samping mulai dari sakit perut hingga masalah kulit lainnya. Namun kamu bisa menggunakan perawatan rumahan yang lebih aman untuk mengobati jamur kuku jari seperti :

  • Bawang putih

          Sering dipakai sebagai bumbu masakan, ternyata bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati jamur kuku. Penelitian menemukan bahwa ekstrak bawang putih memiliki sifat anti jamur yang berguna untuk mengobati infeksi jamur tertentu termasuk jamur kuku. Cara menggunakannya yaitu dengan mencincang bawang putih hingga halus, kemudian balurkan pada kuku yang berjamur dan diamkan selama 30 menit. Berhati-hatilah saat menggunakan bawang putih untuk mengobati jamur kuku jari, karena bawang putih mentah terkadang dapat menyebabkan luka bakar pada kulit.

  • Cuka

          Sifat asam dari cuka dapat membantu mengobati jamur kuku. Kamu bisa merendam kaki dalam campuran air hangat dan cuka dengan perbandingan 2:1.

  • Bubuk soda kue

          Soda kue dapat menyerap kelembaban yang menyebabkan jamur kuku jari dan mencegah pertumbuhan jamur lebih lanjut. Kamu dapat mencobanya dengan memasukkan soda kue ke dalam kaus kaki dan sepatu untuk menyerap kelembapan. Kamu juga dapat mengoleskan campuran soda kue dan air langsung ke kuku yang berjamur dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air yang bersih dan ulangi selama beberapa kali sehari sampai jamur menghilang.

  • Obat kumur

          Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak jenis obat kumur memiliki sifat anti jamur. Kamu dapat mencobanya dengan merendam kuku kaki ke dalam mangkuk kecil yang berisi obat kumur.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak