Bahan Alami yang Bantu Meluruskan Rambut

November 18, 2019

Bahan Alami yang Bantu Meluruskan Rambut

Tak semua perempuan terlahir dengan rambut lurus dan tebal. Padahal, tipe rambut tersebut menjadi idaman para perempuan. Alhasil, teknik pelurusan secara instan pun menjadi andalan. Salah satu teknik pelurusan rambut yang jadi andalan adalah smoothing.

Smoothing adalah teknik pelurusan rambut dengan bahan kimia yang prosesnya bertujuan untuk menyejajarkan kembali susunan rambut agar tampak lebih halus, rapi, dan mudah diatur dalam jangka waktu tertentu. Sayangnya, teknik pelurusan ini justru bisa membuat rambut rentan rusak.

Ketimbang menggunakan teknik pelurusan rambut dengan bahan kimia, baiknya coba perawatan berbahan alami. Selain lebih aman, hasil perawatan menggunakan bahan-bahan alami juga membuat rambut lebih sehat. 

1. Lidah buaya dan minyak kelapa

Lidah buaya tidak hanya bisa  mencegah rambut rontok dan berketombe, tetapi juga membantu dalam meluruskan rambut secara alami. Caranya, campurkan setengah cangkir lidah buaya dan setengah cangkir minyak kelapa. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke dalam rambut dan biarkan selama satu jam. Jika sudah, cuci rambut hingga bersih menggunakan sampo.

2. Pepaya dan pisang

Pepaya dan pisang dipercaya bisa melembutkan rambut dan mempertahankannya secara alami. Untuk membuatnya, cukup mencampurkan pepaya dan pisang dalam satu mangkuk. Pastikan pepaya dan pisang yang digunakan telah masak agar mudah untuk dihancurkan. Setelah keduanya tercampur merata, tinggal mengoleskannya pada rambut dan biarkan hingga mengering. Setelah masker mengering, cucilah rambut menggunakan sampo hingga bersih.

 

3. Telur dan minyak zaitun

Masker telur dan minyak zaitun dapat membuat rambut lurus dan berkilau. Kedua bahan alami ini dipercaya bisa menutrisi sekaligus menjadikan tekstur rambut tetap halus. Caranya, campurkan satu kuning telur dengan lima sendok makan minyak zaitun hingga merata. Kemudian, oleskan masker tersebut secara merata ke dalam rambut dan diamkan selama 20 menit (sambil tutup dengan handuk bersih). Setelah itu, bilas rambut dengan air hingga bersih.

 

4. Santan kelapa dan tepung maizena

Santan kelapa bisa memberikan kelembapan dan kekuatan rambut. Hebatnya lagi, perpaduan santan kelapa dan tepung maizena bisa membuat rambut lurus secara alami. Jika tak percaya, cobalah campurkan setengah cangkir santan dengan dua sendok makan tepung maizena. Setelah tercampur rata, oleskan ke dalam rambut dengan bantuan kuas. Diamkan selama satu jam, setelah itu cuci dengan sampo hingga bersih.

5. Susu dan madu

Susu dan madu bisa dipakai untuk meluruskan rambut. Alasannya, karena susu mengandung protein yang berfungsi dalam menjaga keindahan dan kekuatan rambut. Sedangkan, madu bisa melindungi rambut dan kulit kepala dari bakteri ataupun kotoran yang menyebabkan masalah pada rambut. Campurkan kedua bahan, lalu oleskan ke rambut menggunakan kuas. Diamkan hingga setengah jam, setelah itu bilas hingga bersih.

6. Cuka sari apel

Cuka apel juga bisa diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala untuk membantu menghilangkan kotoran. Selain itu, cuka sari apel juga bisa membuat rambut lurus dan berkilau. Caranya, campurkan 2-3 sendok makan cuka sari apel dengan air secukupnya. Setelah itu, gunakan campuran tersebut setelah keramas pada seluruh bagian rambut selama 10-15 menit. Jika sudah, bilas dengan air dingin dan lakukan secara rutin satu minggu sekali.

 




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak