Bahan Aktif yang Wajib Ada di Skincare Pencerah Kulit

November 07, 2019

Bahan Aktif yang Wajib Ada di Skincare Pencerah Kulit

Memiliki kulit cerah menjadi idaman para wanita. Untuk mendapatkannya, kamu tidak hanya rutin menggunakan skincare pencerah kulit. Melainkan, kuncinya adalah mencari formula yang mengandung bahan aktif pencerah kulit. 

1. Vitamin C

Vitamin C, salah satu antioksidan topikal paling efektif. Manfaatnya tidak hanya dapat mengatasi dan mencegah hiperpigmentasi, penuaan, dan peradangan. Melainkan, menurut para peneliti Inggris, mengaplikasikannya setiap hari juga dapat meningkatkan produksi kolagen, mencagah kerusakan kulit, dan mencerahkan. Apalagi, jika kamu tinggal di daerah yang berpolusi tinggi. Kamu dapat menggunakan vitamin C di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum penggunaan sunscreen. Kandungan ini juga sensitif terhadap sinar matahari.

2. Asam Glikolat

Asam glikolat yang berasal dari tebu merupakan turunan asam alfa hidroksi (AHA) dengan molekul terkecil. Asam glikolat mengangkat sel kulit mati dengan cara pengelupasan kimia menembus kulit untuk memberikan hasil lebih lembut, bercahaya, dan awet muda. Tidak seperti scrubbing yang merupakan pengelupasan fisik.

Selain itu, menurut sebuah studi Clinical, Cosmetic, and Investigational Dematology, manfaatnya membersihkan pori-pori yang tersumbat sehingga mengurangi komedo dan jerawat kistik, mengurangi bekas jerawat, serta mengurangi hiperpigmentasi dan penuaan. Kamu bisa menggunakan produk mengandung asam glikolat setiap hari. Namun, yang perlu diperhatikan adalah harus hati-hati jika menggunakan pada pagi hari. Sebab, bahan aktif ini sensitif terhadap sinar matahari dan lanjutkan dengan SPF.

3. Retinol

Retinol adalah turunan dari vitamin A yang terkenal dengan manfaat anti-penuaan. Manfaatnya tidak seperti bahan anti-penuaan lain yang hanya dapat menargetkan lapisan kulit paling atas, tetapi juga meningkatkan elastisitas lapisan kulit tengah dan terdalam dengan merangsang pembentukan kolagen serta elastin. Bahan aktif anti-penuaan terbaik karena mempercepat proses regenerasi kulit. Para ilmuwan kosmetik merekomendasikan konsentrasi retinol dalam skincare sekitar 0,4 persen untuk manfaat dasar anti-penuaan. Tambahkan, serum dan pelembab.

4. Ceramides

Ceramides adalah lipid alami di kulit yang membantu membentuk penghalang kelembaban kulit. Ketika kamu melapisi ceramide sintetis dalam bentuk pelembab dan krim, artinya memperkuat dan mendukung penghalang kelembaban alami. Ceramides bekerja menahan air di kulit yang membuatnya lebih terhidrasi. Biasanya sering ada di dalam skincare pelembab. Kamu bisa gunakan pada pagi dan malam hari. 

Sementara orang-orang berkulit sehat memiliki lebih dari 340 spesies ceramide dalam penghalang kelembabannya, mereka yang hidup dengan kondisi kulit seperti psoriasis, dermatitis atopik, jerawat, dan ketombe memiliki kadar ceramide yang lebih rendah dan berdampak pada pertahanan kelembaban. Menerapkan produk perawatan kulit yang kaya akan ceramide dapat membantu mengatasi hal itu. Yang perlu diperhatikan, jika kamu menggunakan bahan aktif ini bersamaan dengan retinol dan asam glikolat maka bisa membuat kulit sensitif. Sebaiknya, oleskan bahan tersebut secara selang seling selama tiga minggu pertama, sebelum digunakan sehari-hari.

 

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak