Bagaimana Jika Ada Alkohol dalam Skin Care?

September 20, 2019

Bagaimana Jika Ada Alkohol dalam Skin Care?

          Ladies, kamu pasti sering mendengar bahwa kandungan alkohol dalam skin care tidak baik bagi kulit. Namun kenapa sampai sekarang masih saja ada kandungan alkohol dalam skin care? Hal pertama yang perlu kamu pahami mengenai alkohol yaitu tidak semua jenis alkohol itu sama. Ada beragam jenis alkohol termasuk alkohol SD, alkohol terdenaturasi (alias alkohol denat), atau alkohol isopropil yang tidak asing terdengar.

          Jenis alkohol ini sangat bagus dalam membersihkan minyak. Tetapi kulit kamu sendiri telah memiliki pelembab alami yaitu minyak pelindung kulit dari polusi dan bakteri. Karena itulah membersihkan minyak alami kulit dapat membuat lapisan pelindung hilang dan membuat kulit rawan terkena bakteri. Penggunaan alkohol yang banyak pada kulit malah akan membuat kulit semakin berminyak karena kulit akan secara alami menggantikan minyak yang terhapus saat memakai alkohol.

          Kemudian bagaimana jika ada kandungan alkohol dalam skin care mu terutama dalam toner? Meskipun ada alkohol, biasanya bahan ini masuk dalam jumlah yang kecil sehingga kamu tidak perlu khawatir akan membuat kulitmu kering. Kamu dapat memastikannya dengan melihat apakah nama alkohol pada label produk termasuk 5 nama pertama yang dicantumkan.

          Beberapa nama alkohol seperti cetyl alcohol, stearyl alcohol, dan lauryl alcohol berasal dari lemak yang diproses untuk mengembangkan tekstur lilin. Biasanya jenis alkohol ini digunakan sebagai pengemulsi dan stabilisator dalam produk dan berkontribusi lebih pada tekstur serta pelembab daripada yang lain. Tetapi jenis alkohol ini juga tidak berbahaya dan sangat cocok untuk jenis kulit kering. Namun bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya kamu menghindari produk yang mengandung alkohol sama sekali untuk menghindari terjadinya iritasi kulit.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak