Arti Warna Sayur dan Buah yang Penting untuk Kamu Ketahui

Oktober 21, 2019

Arti Warna Sayur dan Buah yang Penting untuk Kamu Ketahui

          Buah-buahan dan sayuran datang memiliki warna yang bervariasi. Ternyata masing-masing warna ini adalah hasil dari antioksidan, fitonutrien dan nutrisi tertentu yang berbeda-beda. Warna buah yang berbeda adalah hasil dari pigmen yang berbeda dan masing-masing menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda. Yuk simak apa arti warna-warna tersebut dan manfaatnya!

  • Merah:

          Apel, tomat, stroberi, buah bit, dan delima adalah contoh buah-buah yang berwarna merah. Warna merah ini disebabkan oleh zat likopen, yang termasuk dalam kelompok karotenoid. Likopen telah ditemukan untuk mengurangi risiko kanker prostat, pankreas, dan juga kanker perut. Selain itu, likopen juga membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan oksidasi, terutama karena paparan sinar ultraviolet dan asap rokok.

  • Kuning atau Oranye:

          Buah dan sayuran berwarna kuning atau oranye mendapatkan warna dari lutein dan zeaxanthin karotenoid. Jeruk, mangga, paprika kuning, lemon, nanas, labu kuning merupakan contoh sayuran dan buah yang mengandung antioksidan seperti Vitamin A dan C. Lutein dan zeaxanthin karotenoid dikenal karena kemampuannya untuk menangkal kerusakan mata karena bertambahnya usia seperti penglihatan kabur dan katarak.

  • Hijau:

          Bayam, brokoli, kangkung, dan beragam sayuran hijau lainnya memiliki warna ini karena adanya pigmen hijau Klorofil. Pigmen ini dikenal menyerap cahaya di bagian spektrum cahaya merah dan biru dan memantulkan sisanya yang sebagian besar berwarna hijau. Klorofil telah dikenal karena menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Sayuran hijau juga memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin. Kedua zat ini bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit.

  • Biru atau Ungu:

          Terong, blueberry, anggur, plum, dan kismis memiliki warna biru atau ungu. Warna Biru atau Ungu hadir karena fitonutrien yang dikenal sebagai anthocyanin. Tumbuhan yang menghasilkan fitonutrien ini untuk melindungi diri dari serangan serangga dan kerusakan dari sinar UV. Bagi manusia, fitonutrien ini meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit seperti obesitas. Buah dan sayur yang berwarna biru atau ungu juga mengandung karoten, vitamin C, serat dan asam ellagic dimana semuanya adalah antioksidan yang mencegah kanker.

  • Putih:

          Buah-buahan dan sayuran yang berwarna putih memiliki banyak kandungan serat, kalium dan magnesium. Menambahkan buah dan sayur yang berwarna putih dapat meningkatkan kekurangan nutrisi dalam makanan. Buah dan sayur yang berwarna putih termasuk kentang, kembang kol, lobak, jagung, jamur, dan bawang merah.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak