Apakah Terlalu Banyak Minum Berbahaya?

November 22, 2019

Apakah Terlalu Banyak Minum Berbahaya?

          Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah kamu terlalu banyak minum air? Tubuh manusia terdiri dari 60% air sehingga air memang sangat penting bagi kesehatan tubuh, Memang seringkali kita diingatkan untuk selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum setidaknya 8 gelas per hari. Namun ternyata terlalu banyak minum atau overhidrasi juga memiliki efek samping berbahaya seperti dehidrasi. Salah satu efek samping yang nyata dari terlalu banyak minum air adalah hiponatremia.

          Hiponatremia adalah istilah medis untuk ketidakseimbangan natrium dalam tubuh. Ketidakseimbangan natrium dapat terjadi ketika mengonsumsi terlalu banyak air dan membanjiri sel. Kadang-kadang juga disebut keracunan air. Natrium atau garam adalah elektrolit yang mengatur berapa banyak air yang masuk dan keluar dari sel. Pada dasarnya, terlalu banyak air mencairkan kadar natrium dan mengganggu fungsi organ. Ketika hiponatremia terjadi, elektrolit tubuh menjadi sangat tidak seimbang. Orang yang mengalami hiponatremia biasanya mengalami sakit kepala, mual, kram otot, mengantuk, kejang bahkan koma.

          Lalu bagaimana jadinya jika terus minum air karena haus? Haus adalah cara tubuh mengatakan perlu air, tetapi kadang-kadang bisa menandakan masalah kesehatan lainnya. Jika kamu berada di ruangan yang sangat panas atau sedang berolahraga, sangatlah wajar untuk merasa haus. Faktanya, tujuan haus sendiri adalah untuk memuaskan dahaga terutama ketika berolahraga atau melakukan sesuatu yang membutuhkan banyak energi. Haus adalah tanda dehidrasi yang normal.

          Tetapi, perlu diketahui bahwa haus juga bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan lainnya, terutama jika kehausan sering terjadi bahkan ketika kamu tidak aktif melakukan sesuatu. Rasa haus yang ekstrem paling sering dikaitkan dengan diabetes, jadi jika kamu mengalaminya, sebaiknya kamu pergi ke dokter untuk memeriksanya. Diabetes tipe 1 dan tipe 2 seringkali dapat menyebabkan rasa haus yang hebat. Walaupun rasa haus yang intens bukanlah indikator yang baik bahwa kamu menderita diabetes, ini adalah gejala serius yang tidak boleh diabaikan.

          Tubuh memang memerlukan air sehingga menghidrasinya sangatlah penting. Tetapi kamu harus tahu bahwa ada batasannya. Jika kamu merasa haus terus menerus, ingatlah bahwa ini bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan tertentu. Jika kamu adalah seorang yang gemar olahraga atau adalah atlet, kamu dapat mempertimbangkan untuk bergantian minum air dan minuman olahraga untuk mengisi kembali elektrolit dalam tubuh dan untuk mencegah asupan air yang berlebihan.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak