Apakah Sunscreen Dapat Menyebabkan Jerawat?

September 05, 2019

Apakah Sunscreen Dapat Menyebabkan Jerawat?

          Pertanyaan ini seringkali terlintas di pikiran karena ada beberapa orang yang setiap memakai sunscreen, kulitnya menjadi memerah. Ini bisa terjadi karena adanya reaksi iritasi terhadap tabir surya atau matahari, yang bisa terlihat seperti jerawat. Iritasi ini biasanya berbentuk benjolan kecil di kulit berwarna merah namun tidak hilang bila memakai obat jerawat. Untuk mengatasinya tentu kamu harus memperhatikan apakah ada kandungan dalam skin care yang menjadi penyebab iritasi kulitmu.

          Sebenarnya ketika terkena panas matahari, jerawat akan semakin menyala. Sinar dan panas matahari dapat merusak dan mengiritasi kulit. Paparan sinar matahari langsung juga menggelapkan kulit dan membuat bekas jerawat tidak hilang. Jika kamu mengalami iritasi karena sunscreen, pilihlah bahan yang tidak terlalu berminyak. Apabila kamu menggunakan krim, gantilah dengan lotion, dan jika kamu menggunakan lotion, gantilah dengan gel.

          Carilah sunscreen SPF yang aman untuk jerawat dengan formula yang menawarkan cakupan spektrum luas serta melindungi dari sinar UVA dan UVB. Formulasi tahan air atau tahan keringat akan menjadi nilai tambah karena sunscreen tersebut akan memberi lapisan perlindungan tambahan, terutama ketika kamu sedang berada di dalam air. Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan kembali sunscreen wajah setiap 3 jam.

          Bagi pemilik kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan sunscreen dalam bentuk gel. Formulasi gel membuatnya lebih cepat kering di kulit dan tidak mengalir ke mata apabila sedang melakukan aktivitas yang banyak berkeringat. Selain sunscreen, kamu juga bisa menggunakan pelembab berwarna yang memiliki SPF untuk menyembunyikan jerawat sekaligus melindungi kulit dari sinar matahari.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak