Apakah Sauna Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

November 18, 2019

Apakah Sauna Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

          Meregangkan otot-otot yang lelah dengan sauna sangatlah membuat tubuh menjadi rileks. Suhu hangat dan aroma yang menenangkan membuat sauna sangat digemari. Orang-orang Finlandia menggunakan "pemandian keringat" ini untuk membersihkan tubuh mereka dari racun yang tidak diinginkan. Saat ini, orang masih menggunakan sauna untuk detoksifikasi dan relaksasi, tetapi beberapa juga mencoba menggunakannya untuk menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

  • Detoksifikasi

          Sama seperti di Finlandia, sejak bertahun-tahun yang lalu, orang-orang menggunakan sauna untuk membantu mendetoksifikasi tubuh. Keringat tersusun atas cairan limfatik, jadi semua racun dalam sistem limfatik dikeluarkan saat berkeringat. Detoksifikasi racun seperti logam berat dalam tubuh akan membantu tubuh membakar lemak lebih efektif karena tidak lagi menghambat metabolisme.

  • Penurunan Berat Badan Akibat Penumpukan Air

          Duduk di sauna akan menurunkan berat badan karena tubuh berkeringat. Berat badan yang bertambah akibat penumpukan air dapat dengan mudah hanya dengan sauna. Namun, kehilangan berat badan akibat penumpukan air tidak permanen, dan berat badan yang hilang sering naik kembali segera setelah kamu makan atau minum sesuatu. Karena berkeringat membantu menurunkan berat badan dengan begitu cepat, ini adalah taktik yang digunakan oleh petinju dan pegulat untuk mencapai kelas berat tertentu.

  • Membakar Kalori

          Meningkatkan panas tubuh akan membantu tubuh membakar kalori ekstra. Panas akan menyebabkan tubuh meningkatkan laju metabolisme hingga 20%. Lonjakan metabolisme ini akan memungkinkan tubuh untuk terus membakar kalori hingga beberapa jam setelah menghabiskan waktu di sauna. Peningkatan suhu juga memaksa jantung untuk berdetak setidaknya 30% lebih cepat, yang berarti tubuh harus membakar lebih banyak kalori untuk energi.

          Namun kamu harus tetap berhati-hati karena kehilangan keringat berlebih dapat menyebabkan kehilangan elektrolit yang parah, dan dapat menyebabkan kerusakan ginjal bahkan kematian. Paparan terhadap panas ekstrem juga dapat menyebabkan keadaan darurat kardiovaskuler atau sengatan panas. Agar tetap terhidrasi, disarankan untuk minum dua hingga empat gelas air setelah menghabiskan waktu di sauna. Selain itu pakailah sauna selama 15-20 menit saja pada satu waktu dan segera keluar dari sauna apabila kamu merasa pusing atau sakit.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak