Apakah Jenis Kulit Wajah Dapat Berubah Seiring Waktu?

September 05, 2019

Apakah Jenis Kulit Wajah Dapat Berubah Seiring Waktu?

          Ada 5 jenis kulit wajah yang biasanya dijadikan acuan dalam pemakaian skin care. Ada jenis kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi (perpaduan kulit kering dan berminyak) dan kulit sensitif. Kamu mungkin sudah membeli skin care untuk kulit kering, namun seiring berjalannya waktu, kulitmu mulai menjadi lebih berminyak daripada biasanya. Kamu akan mulai memperhatikan bahwa kulitmu berubah dalam tekstur, warna, dan kekencangannya. Apakah ini berarti jenis kulitmu berubah?

          Pada dasarnya, jenis kulit tidak berubah seiring waktu. Adanya perubahan yang dialami kulit bisa terjadi karena adanya perubahan cuaca/musim. Misalnya, jenis kulit berminyak tiba-tiba terasa kering di musim dingin. Ini tidak berarti jenis kulit kamu telah berubah menjadi kering, tetapi kulit berminyak kamu membutuhkan lebih banyak kelembaban.

          Lalu apakah ada faktor lain yang dapat mengubah penampilan kulit kita? Penuaan alami dan waktu. Secara umum, seiring bertambahnya usia, kulit memproduksi lebih sedikit kolagen dan minyak alami. Padahal kolagen dan minyak tetap dibutuhkan wajah untuk menjaga kulit tetap lembab dan kencang. Penurunan kadar kolagen juga menyebabkan kulit menjadi tidak kencang dan cenderung turun ke bawah dan mulai muncul garis-garis halus dan kerutan.

          Penuaan sebagai faktor yang mempengaruhi kulit dari dalam pasti akan dialami setiap orang seiring berjalannya waktu. Namun faktor yang mempengaruhi kulit dari luar dapat kita cegah untuk meminimalisr efek penuaan. Kebiasaan merokok, mengabaikan rutinitas perawatan kulit, dan tidak mengaplikasikan tabir surya berSPF merupakan faktor yang membuat kulit lebih cepat menua. Dengan mengambil langkah yang benar sekarang, kami dapat membantu memperlambat efek yang terlihat dari jenis penuaan ini pada penampilan kulit kita.

          Tapi, bukan berarti kamu harus pasrah dengan keriput karena usia terus bertambah. Kamu juga bisa membantu mengembalikan kekencangan dan kelembaban kulit dengan rutin menggunakan skin care. Gunakan skin care yang mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas seperti Vitamin C dan Ferulic Acid. Selain itu, skin care berbahan Retinol juga bisa kamu andalkan untuk mengurangi keriput dan mengencangkan kulit. Hal yang terpenting adalah selalu gunakan SPF pada wajah setiap hari untuk menghindari efek buruk dari sinar matahari.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak