Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berhenti Makan Gula?

November 22, 2019

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berhenti Makan Gula?

          Suka makan makanan manis? Mulai dari coklat, sirup, gulali, permen dan masih banyak lagi. Tentunya semua makanan manis ini memiliki kandungan gula yang banyak di dalamnya. Tentu kita tahu bahwa mengonsumsi banyak gula akan menimbulkan banyak masalah seperti diabetes, berat badan bertambah, kerusakan gigi, bahkan masalah jantung. Namun apa yang terjadi pada tubuh saat kamu berhenti makan gula? Yuk simak lebih lanjut!

1. Suasana Hati Menjadi Lebih Baik
          Jika sebelumnya kamu memakan makanan manis untuk meningkatkan suasana hari, sebenarnya gula darah malah akan menjadi naik. Justru saat kamu dapat menyeimbangkan gula darah, kamu juga dapat membantu menyeimbangkan suasana hatimu. Sebuah studi baru di tahun 2019 mengamati bahwa mengonsumsi gula dan peningkatan gula darah tidaklah memicu suasana hati tetapi malah membuat kamu menjadi mengantuk dalam waktu satu jam. Sebaiknya kamu mulai meninggalkan kebiasaan makan gula untuk menenangkan stres dan beralihlah ke alternatif lainnya.

2. Mengidam Makanan Manis Dapat Mereda
          Jika kamu terbiasa makan makanan manis sebagai makanan penutup dan berhenti melakukan kebiasaan ini, akan ada perasaan kurang lengkap. Mungkin kamu akan merasa masih mengidamkan makanan manis pada awalnya, namun jika kamu meneruskan berhenti makan makanan manis, perasaan mengidam ini dapat mereda. Kuncinya yaitu untuk tetap konsisten dan beralih ke alternatif lainnya.

3. Selera Makan Akan Menyesuaikan
          Meskipun awalnya kamu lebih memilih coklat, cupcake ataupun es krim sebagai menu makanan penutupmu, selera makanmu akan mulai menyesuaikan ketika kamu berhenti makan makanan manis mengandung gula ini. Kamu akan mulai menyesuaikan rasa puas ketika kamu hanya makan sepiring buah yang lezat dan bergizi sebagai makanan penutup.

4. Gula Darah Tetap Stabil
          Jika kamu mengganti kalori dari gula dengan kalori dari karbohidrat kaya serat yang baik untuk tubuh, hal ini akan membuat gula darahmu menjadi lebih stabil. Contohnya yaitu meningkatkan makan buah-buahan, sayuran yang kaya protein dan lemak sehat. Dengan mengganti semua makanan manismu dengan yang lebih sehat, lebih sedikit kadar gula dan kamu akan lebih berenergi.

5. Jantung Menjadi Lebih Sehat
          Manfaat terbesar dari berhenti makan gula yaitu kesehatan jantung menjadi meningkat. Orang dewasa yang mendapatkan 17%-21% kalori harian dari gula tambahan memiliki risiko 38% lebih tinggi meninggal akibat penyakit kardiovaskular, dibandingkan dengan mereka yang membatasi kalori dari gula tambahan hingga 8% dari total kalori. Kelebihan gula dalam tubuh berhubungan dengan tekanan darah tinggi, peningkatan trigliserida dan kadar kolesterol "jahat" yang akan merusak jantung seiring waktu.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak