Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Cukup Sinar Matahari?

November 13, 2019

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Cukup Sinar Matahari?

          Seringkali kita menghindari matahari karena takut kulit menjadi lebih gelap dan terkena dampak sinar UV. Padahal sesungguhnya tubuh juga tetap membutuhkan sinar matahari. Ketika kulit terpapar sinar matahari, tubuh mengurainya dan memproduksi vitamin D. Tentunya vitamin D memiliki banyak peran penting bagi organ dan jaringan tubuh. Kemudian apa yang terjadi pada tubuh jika tidak mendapatkan cukup sinar matahari? Berikut ini penjelasannya.

1. Tulang Melemah
          Kalsium dan vitamin D telah lama dikenal sebagai nutrisi penting dan diperlukan untuk kesehatan dan mineralisasi tulang. Kalsium diserap di usus kecil dengan bantuan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penurunan penyerapan kalsium, dan akibatnya dapat melemahkan struktur tulang. Orang yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari lebih berisiko menderita sakit tulang, kelemahan otot, rakhitis, osteomalasia, dan osteoporosis.

2. Kelainan Bentuk Kaki
          Karena vitamin D memungkinkan penyerapan fosfat dan kalsium melalui pencernaan, vitamin D sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah terkait tulang. Kurangnya kalsium dalam tulang mengakibatkan perubahan struktur tulang dan deformasi tulang. Meningkatkan asupan vitamin D dalam bentuk suplemen atau dengan berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu mempertahankan tingkat kalsium yang tepat dalam tulang dan sel tubuh.

3. Kanker Kolorektal
          Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan sinar matahari yang rendah pada akhirnya dapat menyebabkan perkembangan kanker kolorektal. Kadar vitamin D menentukan kelangsungan hidup dan pertumbuhan sel kanker. Penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang cukup dapat membuat pasien kanker usus besar menjadi lebih baik.

4. Berat Badan Bertambah
          Kelemahan otot, nyeri tulang, dan deformitas dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dengan membuatnya sulit untuk aktif dan membakar kalori. Selain itu ada hormon leptin dalam tubuh yang diproduksi dalam sel-sel lemak untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh sudah kenyang. Vitamin D akan membantu sinyal tersebut masuk ke otak sehingga jika kurang vitamin D, kita cenderung tidak merasa kenyang dan makan berlebihan.

5. Depresi
          Matahari memainkan peran penting untuk mengubah suasana hati. Bandingkan perbedaan menetap di dalam ruangan dengan melakukan aktivitas di luar ruangan. Sinar matahari akan membawa energi positif yang membuat hari-hari menjadi lebih menyenangkan.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak