Apa Itu Radikal Bebas dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Desember 11, 2019

Apa Itu Radikal Bebas dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

          Apabila kamu memperdalam dunia perawatan kulit, kamu pasti pernah mendengar atau membaca istilah radikal bebas. Apa sebenarnya radikal bebas itu dan mengapa menjadi penting untuk diwaspadai? Radikal bebas adalah molekul yang sangat tidak stabil yang dibentuk secara normal oleh tubuh (misalnya saat bernapas), serta faktor serangan lingkungan, seperti sinar UV, asap dan polusi. Senyawa tidak stabil ini kemudian berpasangan dengan elektron yang hilang. Dengan melakukan itu, senyawa ini dapat menempel pada kulit, menciptakan reaksi berantai negatif pada permukaan kulit dan menyebabkan kerusakan pada sel serta kolagen dalam kulit.

          Selain genetika dan waktu, radikal bebas adalah salah satu penyebab paling umum dari tanda-tanda penuaan kulit, termasuk kulit kendur, garis-garis halus dan kerutan. Ketika kulit terpapar radikal bebas yang diinduksi oleh lingkungan, mereka dapat menembus kulit, menyerang lapisan yang melindungi kelembaban kulit dan pada akhirnya melemahkan pelindung kulit. Akibatnya, kulit tampak menua sebelum waktunya karena kekeringan dan hilangnya elastisitas. Kemudian bagaimana cara mengatasi efek dari radikal bebas?

          Meskipun tidak banyak yang dapat kamu lakukan tentang polusi yang telah mengerumuni atmosfer, kamu tentu dapat mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan kulit tetap terlindungi dengan baik dari radikal bebas. Inilah pentingnya penggunaan antioksidan. Antioksidan mampu menetralkan kerusakan akibat radikal bebas dengan memasangkan radikal bebas untuk mencari elektron yang hilang. Tanpa perlindungan antioksidan, radikal bebas bisa menempel ke protein kulit dan memecahnya.

          Sebaiknya kamu mulai menggunakan antioksidan bersamaan dengan tabir surya spektrum luas untuk membantu melindungi kulit dari sinar UV. Ada banyak serum kaya antioksidan di pasaran yang dapat berfungsi sebagai pertahanan kulit dan pastikan untuk memakai tabir surya setiap hari.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak