Apa Itu Hipopigmentasi dan Penyebabnya?

Oktober 25, 2019

Apa Itu Hipopigmentasi dan Penyebabnya?

          Kamu pasti sering mendengar istilah hiperpigmentasi. Istilah hiperpigmentasi berarti pigmentasi/ pewarnaan kulit yang berlebihan. Saat mengalami hiperpigmentasi, kulit memproduksi banyak melanin (zat yang memberi warna coklat pada kulit) dan biasanya tidak terpapar secara rata di kulit. Kemudian apa itu hipopigmentasi? Hipopigmentasi merupakan kebalikan dari hiperpigmentasi dalam segi warna. Jika hiperpigmentasi menghasilkan bercak berwarna cokelat pada kulit, hipopigmentasi menghasilkan bercak berwarna putih.  Hipopigmentasi adalah hilangnya warna pada kulit karena hilangnya fungsi dalam sel-sel kulit yang menghasilkan melanin atau pigmen kulit. Lalu apa saja yang menjadi penyebab munculnya hipopigmentasi?

1. Kulit yang Terlalu Kering
          Kamu bisa mengalami hipopigmentasi apabila kulitmu terlalu kering dan sering mengelupas. Kulit kering yang terus mengelupas akan merusak pigmen di lapisan kulit paling luar sehingga lama kelamaan akan menyebabkan hipopigmentasi.

2. Efek Samping Laser
          Banyak pasien yang mengalami hipopigmentasi setelah melakukan perawatan menggunakan laser seperti pengangkatan tato. Hal ini karena pigmen kulit yang bertato dihancurkan dan membuat kulit menjadi lebih putih. Namun terdapat juga perawatan menggunakan laser yang dapat memulihkan pigmen yang hilang.

3. Bekas Luka Pada Kulit
          Karena hipopigmentasi adalah kelainan di mana melanin hilnang, biasanya ini disebabkan oleh beberapa kondisi luka di kulit yang pemulihannya tidak sempurna. Hipopigmentasi juga bisa terkait dengan jaringan parut yang menghasilkan lebih sedikit melanosit sehingga terlihat lebih putih dibandingkan area kulit lainnya.

4. Bahan-bahan Skin Care Tertentu
          Hipopigmentasi juga bisa disebabkan oleh bahan-bahan skin care pencerah kulit tertentu seperti hydroquinone ataupun zat pencerah lainnya. Selain itu, bahan-bahan skin care seperti asam alfa-hidroksi dan retinoid juga dapat menyebabkan hipopigmentasi tergantung pada keadaan kulitmu.

          Meskipun terlihat berbeda, masalah hipopigmentasi juga bisa kamu rawat sama dengan masalah hiperpigmentasi. Perawatan terbaik yang dapat kamu lakukan adalah melindungi kulit dari sinar matahari dengan memakai tabir surya setiap hari.

Product Recommendation : Swissvita Whitening Serum




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak