Alasan Mengapa Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama

Oktober 22, 2019

Alasan Mengapa Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama

          Berkali-kali mengobati jerawat, namun jerawat tetap saja muncul di tempat yang sama. Sebenarnya apa yang salah dengan kulit kita? Mari cari tahu alasannya dan bagaimana cara mengatasinya!

1. Faktor Hormon
          Jika jerawat muncul di tempat yang sama setipa bulan, kamu mulai bisa mengetahui bahwa hal ini disebabkan oleh hormon. Saat datang bulan/haid, tubuh mengalami perubahan hormon yang membuat wajah berminyak lebih cepat sehingga membuat wajah berjerawat lebih sering. Saat hal ini terjadi, pastikan kulitmu selalu bersih dan bebas minyak untuk menghindari serangan jerawat.

2. Kebiasaan Menyentuh Wajah
          Rata-rata orang menyentuh wajahnya 4 kali per jam. Kebiasaan ini dapat memindahkan bakteri dari tangan ke wajah yang dapat menyebabkan jerawat. Semakin sering kamu menyentuh area tertentu pada wajah, semakin besar kemungkinan area tersebut terkena bakteri dan minyak. Kebiasan ini juga bermasalah saat kamu sering makan makanan berminyak kemudian menyentuh dagu tanpa mencuci tangan setelah makan.

3. Kebiasaan Memencet Jerawat
          Banyak orang yang merasa puas setelah berhasil memencet jerawat, padahal ini merupakan kebiasaan yang semestinya dihindari. Memencet jerawat akan membuat pori-pori kulit di dekat jerawat terkena bakteri dan membuat jerawat semakin parah. Bahayanya lagi, area di sekitar jerawat akan terkena bakteri sehingga menyebabkan lebih banyak jerawat yang muncul.

4. Menggunakan Make Up yang Salah
          Menggunakan make up yang menyumbat pori-pori kulit akan menyebabkan kulit berjerawat. Jika area tertentu pada wajahmu sering muncul jerawat, mungkin make up mu yang menjadi penyebabnya. Idealnya, semua produk make up haruslah non-komedogenik untuk menghindari pori-pori kulit tersumbat.

5. Mengaplikasikan Make Up dengan Kasar
          Jerawat dapat disebabkan oleh panas berlebih, tekanan atau gesekan pada kulit. Apabila jerawat muncul di tempat yang sama, ini bisa jadi karena kamu mengaplikasikan make up dengan kasar. Hal ini paling sering terjadi di dekat mata karena eye shadow cenderung diterapkan lebih keras daripada make up lain. Cukup ubah metode kamu dengan pengaplikasian lebih lembut sehingga kulit tidak tergesek dengan kasar.

 


Product Recommendation : Swissvita Acne Series
     




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak