Alami Rambut Rontok? Atasi dengan Sejumlah Vitamin Ini

September 04, 2019

Alami Rambut Rontok? Atasi dengan Sejumlah Vitamin Ini

Kamu mengalami rambut rontok?. Jangan khawatir, Ladies. Kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Tak hanya menggunakan shampoo khusus untuk masalah rambut rontok, tetapi juga diatasi dari dalam. Misalnya, mengonsumsi sejumlah vitamin yang bagus untuk kesehatan dan kekuatan rambut sehingga tidak mudah rontok.

Rambut rontok disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari stres, proses styling rambut, ketidakseimbangan hormon, hingga kekurangan asupan vitamin dan nutrisi. Menurut ahli kecantikan asal New York City dr. Debra Jaliman, ada banyak jenis vitamin yang baik untuk rambut. Diantaranya:

1. Vitamin A

Salah satu vitamin penting untuk tubuh manusia, termasuk rambut. Vitamin A akan membantu menghasilkan sebum alami yang berfungsi melembabkan kulit kepala dan menstimulasi pertumbuhan rambut agar cepat berkembang. Mengandung anti oksidan, vitamin A dapat melindungi kulit kepala dari polusi lingkungan dan mencegah rambut kering. Kaya asam retinoat berfungsi sebagai bahan sintesis alami untuk menjaga kekuatan folikel rambut. Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan vitamin A, seperti wortel, bayam, ikan tuna, dan lainnya.

2. Vitamin B3

Salah satu vitamin yang masuk dalam vitamin B kompleks memelihara dan melembabkan kulit kepala dan membantu folikel rambut untuk menghasilkan helai rambut yang lebih kuat. Vitamin yang dikenal dengan nama lain niacin atau asam nikotinat dapat mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu menjaga struktur sel darah, meningkatkan sirkulasi darah sehingga menghasilkan oksigen dan nutrisi ke rambut. Jumlah vitamin ini direkomendasikan 14mg per hari untuk perempuan. Sedangkan, lelaki butuh 16mg per hari.

3. Vitamin B7

Atau yang disebut biotin merupakan jenis vitamin yang dikenal membantu merangsang pertumbuhan rambut. Biotin dapat membuat rambut menjadi lebih tebal, menguatkan rambut yang rentan patah, serta menutrisi rambut dari dalam. Vitamin B bekerja membantu menghasilkan glukosa dan memecah protein menjadi asam amino. Asam amino memiliki peranan untuk menghasilkan rambut yang sehat dan kuat.

4. Vitamin C

Kaya akan anti oksidan tinggi berperan untuk kesehatan serta mencegah kerusakan folikel rambut dari stres oksidatif yang disebabkan radikal bebas. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan rambut rapuh, patah, dan rontok. Cegah kebotakan dini dengan mengonsumsi vitamin C. vitaminnya juga membantu tubuh menyerap zat besi yang diperlukan rambut dari makanan yang masuk sehingga penyerapan lebih maksimal. Sebuah penelitian menyatakan, orang yang mengalami rambut rontok memiliki cadangan zat besi lebih sedikit dibanding dengan orang yang rambutnya sehat.

5. Vitamin E

Vitamin E membantu meningkatkan sirkulasi darah yang berfungsi mencegah kerontokan rambut akibat folikel rambut tidak mendapat cukup makanan dari aliran darah. Vitaminnya mengunci kelembapan kulit kepala dan rambut akrena menjaga keseimbangan minyak serta pH sehingga membuat rambut tidak kering, lembut, dan menjaga kilau alaminya. Kandungan anti oksidan pada vitamin E mencegah munculnya uban di usia dini.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak