9 Makanan Terbaik yang Dapat Melancarkan Pencernaan

Oktober 25, 2019

9 Makanan Terbaik yang Dapat Melancarkan Pencernaan

          Saluran pencernaan merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga dengan baik. Pencernaan yang lancar berarti tubuh yang lebih sehat dan langsing! Ketika pencernaan lancar, kamu juga dapat terbebas dari penyakit seperti sakit perut, diare, sembelit, kram atau kembung. Cara termudah untuk melancarkan pencernaan adalah makan makanan yang kaya akan serat dan probiotik. Berikut ini adalah 9 makanan terbaik yang dapat melancarkan pencernaan:

1. Pepaya
          Pepaya mengandung enzim bernama papain yang dapat membantu tubuh memecah serat protein sehingga proses pencernaan makanan menjadi lebih lancar. Enzim papain ini juga berfungsi meredakan gejala sindrom iritasi usus besar seperti sembelit dan perut kembung. Enzim papain ini juga sering dimasukkan dalam suplemen untuk melancarkan pencernaan.

2. Bit
          Buah bit kaya akan serat. Serat akan membantu makanan terproses sampai menuju usus besar. Serat juga akan memberi makan bakteri sehat dalam usus sehingga membuat pencernaan semakin lancar. Kamu dapat mengonsumsi buah bit dengan cara dibuat menjadi jus, dipanggang atau dicampurkan dalam salad.

3. Apel
          Ungkapan makan apel sehari menjauhkan dokter memang terbukti benar. Apel merupakan sumber zat bernama pektin yaitu serat yang larut dalam pencernaan. Zat pektin akan memecah makanan di usus halus kemudian dipecah oleh bakteri baik di usus besar. Dengan cara ini, semua makanan dapat tercerna dengan baik sehingga menurunkan risiko sembelit, diare, infeksi usus maupun peradangan usus besar.

4. Salmon
          Tak hanya nikmat, ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan di tubuh. Asam lemak omega 3 dapat membantu mengatasi penyakit radang usus, gangguan pencernaan dan intoleransi makanan.

5. Yogurt
          Yogurt berasal dari susu fermentasi menggunakan bakteri asam laktat. Setelah mengalami fermentasi, yogurt mengandung bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik. Bakteri probiotik ini hidup di saluran pencernaan dan bekerja untuk menjaga usus tetap sehat. Bakteri probiotik dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti diare, kembung dan sembelit.

6. Chia Seed
          Salah satu sumber serat yang baik juga dapat kamu temukan dalam chia seed. Ketika dimakan, biji dia akan membentuk zat seperti gelatin di perut. Cara kerja chia seed juga seperti probiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus.

7. Sayuran Hijau Tua
          Bayam, brokoli, kol, dan sayuran hijau lainnya adalah sumber serat yang baik dan cepat larut dalam pencernaan. Inilah sebabnya seringkali sayuran hijau dimasukkan dalam makanan diet karena makan banyak sayur akan memperlancar saluran pencernaan. Sayuran hijau juga merupakan sumber magnesium yang dapat membantu meringankan sembelit dengan meningkatkan kontraksi otot di saluran pencernaan.

8. Tempe
          Tempe diproses dengan cara fermentasi menggunakan bakteri dan ragi. Proses fermentasi ini dapat melancarkan pencernaan dan membuat tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik. Makanan yang difermentasi seperti tempe juga merupakan sumber probiotik yang baik yang berguna untuk melindungi usus dari berbagai penyakit.

9. Kimchi
          Makanan asal negara Korea ini merupakan sayuran kol yang difermentasi. Kimchi mengandung probiotik tinggi yang dapat membantu melancarkan pencernaan serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus besar. Semakin lama fermentasi kimchi, semakin tinggi kandungan probiotiknya.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak