9 Kebiasaan Umum yang Dapat Membahayakan Ginjal

Desember 02, 2019

9 Kebiasaan Umum yang Dapat Membahayakan Ginjal

          Penyakit gagal ginjal berawal dari kebiasaan yang sering kita lakukan tanpa menyadari bahayanya. Belum terlambat untuk melepaskan perilaku merusak ginjal ini. Berikut adalah 9 kebiasaan umum yang dapat membahayakan ginjal.

1. Tidak Cukup Minum Air
          Tetap terhidrasi dengan baik membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum banyak air juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari timbulnya batu ginjal. Orang yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairan mereka. Tetapi bagi kebanyakan orang, minum 1,5 hingga 2 liter air per hari cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Makan Terlalu Banyak Makanan Tinggi Gula
          Selain makanan penutup, gula sering ditambahkan ke makanan dan minuman yang mungkin tidak dianggap manis. Gula berkontribusi pada obesitas yang meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes, dua penyebab utama penyakit ginjal. Hindari semua makanan yang tinggi gula dan perhatikan kandungan bahan yang tertera di kemasan makanan yang kamu beli agar kamu tidak kelebihan gula.

3. Makan Daging Terlalu Banyak
          Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis (suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat). Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan semua bagian tubuh tetapi harus diseimbangkan dengan buah-buahan dan sayuran.

4. Makan Makanan Olahan
          Makanan olahan banyak mengandung natrium dan fosfor. Banyak orang yang memiliki penyakit ginjal perlu membatasi fosfor dalam makanan mereka. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan fosfor tinggi dari makanan olahan pada orang tanpa penyakit ginjal mungkin berbahaya bagi ginjal dan tulang mereka.

5. Makan Terlalu Banyak Garam
          Makanan yang mengandung banyak garam mengandung banyak sodium, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan dapat membahayakan kesehatan ginjal. Cobalah untuk mengganti penggunaan garam dengan rempah-rempah lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai ataupun kunyit. Seiring waktu, kamu mungkin lebih mudah menghindari garam sebagai penyedap makanan.

6. Merokok
          Merokok tidak hanya merusak paru-paru dan jantung tetapi juga ginjal kamu. Orang yang merokok cenderung memiliki protein dalam urin yang merupakan tanda kerusakan ginjal.

7. Minum Alkohol Berlebihan
          Minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Hal ini akan semakin buruk jika peminum alkohol juga merokok. Perokok yang meminum alkohol berlebihan memiliki peluang lima kali lipat terserang penyakit ginjal kronis dibandingkan orang yang tidak merokok atau minum alkohol secara berlebihan.

8. Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit Berlebihan
          Obat-obatan penghilang rasa sakit, seperti NSAID (obat anti inflamasi nonsteroid), dapat meringankan sakit dan nyeri, tetapi dapat membahayakan ginjal, terutama jika kamu sudah memiliki penyakit ginjal. Kurangi penggunaan NSAID secara teratur dan jangan pernah melebihi dosis yang disarankan.

9. Kurang Tidur
          Tidur cukup di malam hari sangat penting untuk kesehatan. Saat kita tidur, tubuh membuang semua racun yang berada di tubuh dan melakukan metabolisme. Kurang tidur hanya akan menghambat itu semua dan hanya akan merugikan kesehatan ginjal dan organ tubuh yang lain.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak