9 Kandungan Skincare yang Wajib Dihindari untuk Kulit Sensitif

Juli 08, 2019

9 Kandungan Skincare yang Wajib Dihindari untuk Kulit Sensitif

Memiliki kulit sensitif membuat seseorang hati-hati dalam memilih produk, baik kosmetik, skincare, dan lainnya. Salah pilih produk, justru bisa membuat masalah pada kulit seperti iritasi, kemerahan, peradangan, jerawat, gatal, ruam, dan lainnya. Untuk kamu pemilik kulit sensitif, tidak perlu khawatir dalam menggunakan produk kecantikan jika memerhatikan kandungan di dalamnya. Pemilik kulit sensitif hanya perlu menghindari sejumlah bahan tertentu, kamu tetap bisa menggunakan produk kecantikan. Ini adalah kandungan yang perlu kamu hindari saat memilih produk kecantikan:

1. Alkohol

Alkohol adalah kandungan yang harus dihindari untuk kulit sensitif. Sebab, dapat membuat wajah kering, gatal, dan iritasi. Kandungan ini biasanya sering ditemui di produk toner dan krim wajah.

2. Parfum

Menggunakan produk kecantikan dengan aroma parfum yang menggoda memang menyenangkan bahkan bisa menenangkan. Namun, baiknya tidak digunakan untuk kulit sensitif karena bisa memicu reaksi kulit yang menyebabkan inflamasi dan melemahkan lapisan kulit terdalam kita.

3. Paraben

Produk kecantikan yang mengandung paraben sering ditemukan di produk makeup dan skincare. Paraben bisa menyebabkan iritasi berlebihan bagi pemilik kulit sensitif.

4. Oxybenzone 

Oxybenzone adalah bahan kimia yang sering ditemukan di tabir surya dan berperan menganggu keseimbangan hormon pada wanita. Untuk pemilik kulit sensitif, baiknya pilih sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium oxide yang lebih efektif melindungi kulit dari sinar UV dan melembutkan.

5. Sulfat

Sulfat mengganggu keseimbangan minyak alami kulit wajah, bikin kering, dan iritasi bagi pemilik kulit sensitif. Jadi, pilih produk skincare dan kosmetik yang bebas sulfat.

7. Lanolin

Bisa dibilang lanolin adalah salah satu zat skincare yang ampuh menjadikan kulit wajah lebih lembab dan lembut namun hanya untuk kulit kering. Sementara, untuk kulit sensitif justru akan memicu timbulnya jerawat dan komedo.

8. Exfoliant

Bahan skincare yang bisa membuat kulit sensitif menjadi iritasi dan kemerahan. Bahan kandungan yang sering ditemui di pelembab dan toner ini wajib dihindari untuk kulit sensitif.

9. Isopropyl myristate

Kandungan produk kecantikan yang biasa ada dalam pelembab wajah dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit. Jika kulit sensitif terkena kandungan ini terus menerus maka bisa menyumbatkan pori-pori dan memicu iritasi.




Dan juga Beauty Tips

Toner, Si Penyeimbang pH yang Paling Penting untuk Kulit!
Toner, Si Penyeimbang pH yang Paling Penting untuk Kulit!

Juli 16, 2019

Kebanyakan orang menyepelekan pemakaian toner dan langsung memakai serum atau moisturizer setelah mencuci muka.

Baca lebih banyak

Kulit Sehat dan Cantik dari Manfaat Vitamin C
Kulit Sehat dan Cantik dari Manfaat Vitamin C

Juli 16, 2019

Ladies, apakah kamu merasa kulitmu lebih kusam, kering dan muncul tanda-tanda penuaan?

Baca lebih banyak

Satiating Diet, Berat Badan Turun Tapi Tetap Kenyang!
Satiating Diet, Berat Badan Turun Tapi Tetap Kenyang!

Juli 16, 2019

Banyak metode diet yang menyarankan untuk mengganti makanan biasa dengan makanan kaya serat.

Baca lebih banyak