8 Tips Atasi Jerawat Dewasa yang Membandel

Desember 09, 2019

8 Tips Atasi Jerawat Dewasa yang Membandel

Jerawat terjadi karena perubahan hormon selama masa pubertas dan usia dewasa. Ada banyak faktor yang memengaruhi jerawat di usia dewasa, misal hormonal, stres, dan polusi yang memperburuk keadaan kulit. Stres melepaskan hormon yang disebut kortisol berfungsi membantu tubuh melawan stres. Perubahan hormonal ini bisa menyebabkan jerawat tiba-tiba bermunculan. Polusi udara akan menempel di wajah dan masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jika kamu mengalami jerawat dewasa, maka atasi dengan sejumlah tips berikut:

1. Jaga kebersihan kulit

Menjaga kebersihan kulit merupakan langkah awal untuk mencegah jerawat muncul tiba-tiba.

2. Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Banyak produk perawatan untuk jerawat di pasaran, tapi jangan pilih sembarangan. Pastikan selalu baca daftar bahan sebelum membeli dan menggunakan produk baru baik pembersih, pelembab, dan serum acne. Produk aman untuk kulit jerawat seperti asam salisilat, asam glikolat, dan AHA.

3. Jangan pencet jerawat

Memencet jerawat dengan tangan akan membuatnya makin parah, apalagi jika ada nanah keluar dari lubang jerawat sehingga menyebabkan pembengkakan. Efek lainnya akan menimbulkan bekas luka.

4. Scrubbing

Pengelupasan kulit membantu menyingkirkan sel kulit mati pada permukaan kulit. Kamu bisa menggunakan scrub dengan butiran lembut atau menggunakan pelembab kulit yang mengandung asam glikolat atau asam laktat. Jika sering mengelupas, sebaiknya beralih ke produk yang lebih lembut. Gunakan toner setelah pengelupasan kulit untuk menutup pori-pori yang terbuka.

5. Masker lumpur

Masker lumpur bisa menjadi solusi terbaik untuk membersihkan kulit, mengusir jerawat, dan komedo yang membandel. Masker tanah liat juga diketahui membantu menyerap minyak berlebih di kulit dan mengurangi peradangan yang disebabkan jerawat.

6. Minyak tea tree

Pohon teh atau minyak tea tree adalah obat terbaik untuk jerawat karena lembut dan bekerja cepat di kulit. Dengan menggunakan minyak tea tree selama seminggu diharapkan dapat membunuh bakteri dan memastikan tidak ada bekas luka.

7. Cari produk berbasis retinol

Retinol, sejenis vitamin A yang ditemukan di produk anti aging dapat mengupas lapisan atas kulit dengan manfaat mengeringkan kulit sehingga bagus untuk obat jerawat. Serta, membantu mengatasi hiperpigmentasi dan bekas luka.

8. Konsultasikan ke dokter

Jika diperlukan, konsultasikan ke dokter tentang masalah jerawat kamu. Apalagi, jika sudah mengalami pembengkakan dan radang yang menyakitkan.

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak