8 Tips Ampuh Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Cepat

Oktober 28, 2019

8 Tips Ampuh Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Cepat

          Besar atau kecilnya pori-pori wajah dapat ditentukan oleh beberapa faktor seperti genetika, jenis kulit, usia dan akibat paparan sinar matahari. Pori-pori kulit memungkinkan kulit untuk bernafas dan merupakan jalur penghubung antara kulit bagian luar dan dalam. Seringkali pori-pori yang besar memperburuk penampilan kulit dan membuat kita tidak percaya diri. Tenang Ladies! Ini dia 8 tips ampuh mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat!

1. Bersihkan Wajah Setiap Hari
          Menjaga kebersihan kulit adalah cara terbaik membuat pori-pori bersih. Ingat bahwa pori-pori yang bersih berarti pori-pori yang lebih kecil. Sangat penting untuk selalu membersihkan wajah dari debu, kotoran, minyak berlebih dan noda make up. Selalu cuci wajah setiap pagi dan malam secara teratur untuk memastikan pori-pori kulit tetap bersih.

2. Hindari Krim Berbasis Minyak
          Menggunakan make up ataupun krim berbasis minyak dapat menyumbat pori-pori kulit lebih cepat. Tak hanya membuat pori-pori lebih besar, namun kebiasaan ini juga dapat membuat kulit lebih rentan jerawat. Solusi terbaik yang bisa kamu pakai adalah mengganti produk make up atau skin care yang berbasis air atau berlabel non-komedogenik.

3. Tapi Tak Perlu Takut dengan Pembersih Berbasis Minyak
          Kamu memang tidak diperbolehkan memakai krim berbasis minyak, namun jangan takut dengan pembersih wajah berbasis minyak. Minyak di wajah akan lebih cepat larut dan luruh jika dibersihkan dengan pembersih berbasis minyak. Apabila minyak berlebih di wajah yang menyumbat pori-pori mudah dibersihkan, hal ini otomatis akan membuat pori-pori lebih kecil.

4. Cari Produk dengan Asam Glikolat
          Asam glikolat bekerja dengan baik untuk melarutkan sel-sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih. Kamu dapat menemukannya dalam skin care yang ditujukan untuk kulit berminyak dan kulit berjerawat.

5. Gunakan Scrub 1-2 Kali Seminggu
          Melakukan eksfoliasi fisik menggunakan scrub atau sikat pembersih wajah selama 1-2 kali seminggu merupakan rutinitas yang baik dan membantu mengecilkan pori-pori kulit. Eksfoliasi akan membantu mengelupas sel-sel kulit mati sehingga pori-pori menjadi bersih. Namun berhati-hatilah untuk menggunakan scrub atau sikat pembersih yang tidak terlalu abrasif bagi kulit sehingga tidak menyebabkan iritasi.

6. Eksfoliasi Kimia? Bisa!
          Apabila kamu tidak terbiasa menggunakan scrub dan malah membuat kulit iritasi, kamu dapat mencoba melakukan eksfoliasi kimia. Caranya yaitu menggunakan bahan-bahan skin care seperti retinol, AHA dan BHA. Biasanya bahan-bahan ini juga dapat kamu temukan ketika menggunakan clay mask. Selain membersihkan pori-pori kulit, eksfoliasi kimia juga akan membersihkan kulit dari minyak berlebih.

7. Jangan Memegang Wajah
          Jauhkan tanganmu dari wajah! Tanganmu bisa saja bersentuhan dengan bakteri dan secara tidak sengaja berpindah ke wajah kemudian masuk ke pori-pori kulit. Kebiasaan memegang wajah apalagi memencet jerawat memang sulit untuk diatasi, namun hal ini sangat penting untuk mencegah pori-pori tersumbat dan munculnya jerawat.

8. Selalu Pakai Tabir Surya
          Bagaimanapun kondisi cuaca, cerah ataupun mendung, kamu harus selalu memakai tabir surya setiap hari. Sinar UV dari matahari dan polusi menyebabkan kulit terpapar radikal bebas. Radikal bebas ini yang memecah kolagen dan elastin pada kulit sehingga kulit akan menua lebih cepat serta pori-pori akan lebih besar.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak