8 Risiko Berbahaya yang Terjadi Ketika Kurang Tidur

November 13, 2019

8 Risiko Berbahaya yang Terjadi Ketika Kurang Tidur

          Kamu termasuk orang yang sering begadang atau kurang tidur? Banyak masalah yang terjadi saat kamu kurang tidur. Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan masalah berpikir, dan menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu banyak risiko berbahaya yang terjadi ketika tubuh kurang tidur. mari kita bahas apa saja risiko yang kamu alami jika kurang tidur.

1. Lebih Mudah Sakit
          Kurang tidur dapat merusak kemampuan tubuh dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Tak mengherankan jika orang yang kurang tidur akan lebih cepat lemas dan mudah sakit.

2. Kulit Kusam dan Menua
          Saat kita tidur, kulit melakukan regenerasi dan perbaikan sel-sel kulit. Perbaikan kulit ini hanya terjadi saat kita tidur. Kurang tidur akan menghalangi perbaikan ini sehingga cenderung membuat kulit tampak kusam, muncul kerutan, garis-garis halus dan kulit menjadi tidak elastis.

3. Risiko Kanker Meningkat
          Kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara, kanker kolorektal, dan kanker prostat. Hal ini karena sistem kekebalan tidak bekerja dengan baik sehingga risiko terkena penyakit mematikan semakin bertambah.

4. Kesehatan Jantung Menurun
          Menurut analisis dari European Heart Journal, kurang tidur (kurang dari 5 jam per malam) atau tidur terlalu lama (lebih dari 9 jam per malam) dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung. Peluang terkena penyakit jantung koroner atau stroke sangat meningkat ketika tubuh kurang tidur.

5. Sulit Berpikir/Konsentrasi
          Kurang tidur dapat menurunkan fungsi otak termasuk sulit dalam hal berpikir, mengambil keputusan, penalaran, dan pemecahan masalah. Seiring waktu, kamu juga dapat mengalami masalah dalam respon dan menurunnya kewaspadaan.

6. Sering Lupa
          Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat berdampak pada berkurangnya kapasitas otak untuk menyimpan ingatan. Dibutuhkan tidur yang cukup untuk membantu otak mengunci informasi baru dan memasukkannya ke dalam memori.

7. Risiko Diabetes Meningkat
          Orang yang tidak cukup tidur atau terlalu banyak tidur dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Orang yang tidur 7 hingga 8 jam dapat menghindari masalah insulin yang dapat menyebabkan diabetes.

8. Berat Badan Bertambah
          Kurang tidur juga dapat menyebabkan berat badan bertambah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam lebih cenderung bertambah berat badannya dan akhirnya menjadi gemuk.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak