8 Penyebab Kulit Berminyak yang Perlu Kamu Tahu

September 14, 2019

8 Penyebab Kulit Berminyak yang Perlu Kamu Tahu

Kebanyakan orang tidak menginginkan kulitnya berminyak. Sebab, tak hanya mengganggu penampilan melainkan sulit untuk dirawat karena rentan berjerawat. Sebenarnya, apa sajah yah yang menjadi faktor penyebab kulit berminyak?.

1. Faktor genetik

Biasanya kulit berminyak diturunkan dari keluarga, misalnya orang tua. Faktor genetik tentunya memengaruhinya. Risiko kamu memiliki kulit berminyak makin besar jika orang tua miliki tipe kulit tersebut.

2. Hormon tidak seimbang

Ketidakseimbangan hormon ternyata bisa membuat kelenjar sebaceous terlalu aktif. Biasanya hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti pola makan, olahraga, penggunaan alat kontrasepsi, menstruasi, kehamilan, dan menopause.

3. Cuaca

Cuaca panas dan lembab cenderung membuat wajah serta kulit kepala seseorang menjadi lebih berminayk. Apalagi, jika masuk musim kemarau, produksi minyak cenderung lebih banyak.

4. Usia

Biasanya usia muda lebih rentan mengalami kulit berminyak karena semakin tua minyak kulit alami akan semakin sedikit. Kulit yang menua kehilangan protein seperti kolagen akibatnya kelenjar sebaceous bekerja lebih lambat. Itu sebabnya orang tua memiliki kulit cenderung kering. Ketika kulit mulai kering, garis halus dan kerutan akan terlihat karena kurangnya kolagen dan minyak dalam tubuh. Sementara, pemilik kulit berminyak akan lebih lambat memiliki tanda-tanda penuaan.

5. Pori-pori yang besar

Pori-pori wajah bisa membesar dan melebar seiring bertambahnya usia. Orang yang berpori besar biasanya memproduksi minyak berlebih.

6. Tidak cocok dengan produk skincare

Kulit berminyak bisa disebabkan salah memilih produk perawatan kulit. Sebelum membeli skincare, baiknya kenali dulu jenis kulit kamu dan baca label produknya. 

7. Berlebihan merawat kulit

Merawat kulit memang penting, tapi tidak baik jika berlebihan. Hasilnya, kulit akan menimbulkan masalah misalnya menjadi berminyak. Penyebab kulit berminyak bisa dikarenakan terlalu sering mencuci muka dan mengeksfoliasi kulit. Cuci muka dan eksfoliasi memang berfungsi membersihkan minyak dan sel kulit mati tapi jika terlalu sering akan ada banyak minyak yang hilang. Akibatnya, kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak. Baiknya cuci muka dua kali sehari dan eksfoliasi 1-2 kali seminggu.

8. Tidak menggunakan pelembab

Setiap orang apapun jenis kulitnya tetap butuh pelembab, termasuk kulit berminyak. Kamu bisa memilih pelembab yang bebas minyak dan non komedogenik agar tidak menyumbat pori-pori. Pilih juga yang berbahan dasar air sehingga lebih efektif untuk mengurangi minyak di wajah.

 

Produk rekomendasi :

  




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak