8 Manfaat Wortel untuk Kecantikan Kulit

September 05, 2019

8 Manfaat Wortel untuk Kecantikan Kulit

Siapa yang tak kenal wortel?. Sayuran jenis umbi ini memiliki banyak kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh bahkan kecantikan kulit. Jenis antioksidan yang ada di dalam wortel adalah beta karoten, alpha karoten yang merupakan vitamin A, lutein yang baik untuk kesehatan mata jika wortelnya berawarna kekuningan dan putih, lycopene dan antosianin yang baik untuk jantung, serta polyacetylenes mengandung senyawa bioaktif berfungsi melindungi kesehatan sel darah.

Wortel juga mengandung vitamin C yang dapat memperbaiki tampilan kulit. Beta karotennya mengurangi peradangan yang mempercepat proses penyembuhan kulit serta efektif melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Kandungan lycopene berfungsi menjaga dan merawat kesehatan kulit. Bahkan, berkhasiat untuk menyembuhkan eksim atau psoriasis sehingga kulit menjadi lebih baik. 

Mengonsumsi wortel secara rutin, baik di jus maupun dijadikan makanan akan membuat kulit tetap muda karena dapat memperlambat penuaan dini berkat banyak kandungan di dalamnya. Wortel bisa menjadi sayuran yang melindungi kulit dari dalam akibat terpapar sinar matahari dan radikal bebas. Jadi, perlindungannya tidak hanya dari luar lewat penggunaan sunscreen melainkan juga mengonsumsi wortel secara rutin. Selain itu, wortel memiliki manfaat lebih untuk kecantikan kulit.

1. Atasi kulit berminyak

Wortel dapat mengatasi kulit berminyak karena dapat mengontrol minyak berlebih pada kulit sehingga mencegah timbulnya jerawat. Rutin mengonsumsi wortel maka kulit akan menjadi lebih lembut dan bersih.

2. Atasi kulit kering

Wortel dapat mengatasi kulit kering berkat kandungan kalium di dalamnya. Gunakan wortel sebagai masker dengan mencampurkan mentimun serta sour cream ke dalamnya. Diamkan masker ini selama 15 menit kemudian cuci dengan air hangat. Efeknya kulit akan halus dan lembab.

3. Melembabkan wajah

Kandungan kalium dalam wortel bisa melembabkan wajah dan mencerahkan kulit. Sehingga, cocok untuk kamu yang memiliki masalah kulit kering hingga mengalami iritasi atau mengelupas. Caranya, minum jus wortel tiap hari.

4. Mengencangkan kulit

Menurut ahli nutrisi Anna Mitsios, kandungan vitamin C dalam jus wortel bekerja menstimulasi kolagen sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit.

5. Bikin kulit bersinar

Berkat vitamin C di dalamnya akan membuat kulit lebih glowing atau bersinar. Disarankan konsumsi wortel secara rutin setiap hari untuk dapatkan kulit yang lembut dan sehat. Kamu bisa lihat perubahannya dari hari ke hari.

6. Samarkan flek hitam

Kamu bisa menyamarkan flek hitam dengan menjadikan wortel sebagai masker lalu lakukan secara rutin. Campurkan jus wortel dengan madu atau olive oil, aplikasikan seluruh wajah secara merata. Diamkan 20 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

7. Relaksasi kulit

Kulit lelah akibat terpapar polusi, debu, kotoran, hingga stres bisa menenangkan seperti semula hanya dengan wortel. Kamu bisa jadikan sebagai water spray dengan cara mencampurkan jus wortel dengan sedikit air mawar lalu masukan ke botol semprot. Gunakan ketika wajah terasa lelah.

8. Meregenerasi sel kulit mati

Vitamin A pada wortel membantu proses regenerasi sel kulit mati. Proses ini akan membuat kulit lebih sehat, kenyal, dan halus. Kamu hanya perlu membuat wortel sebagai masker. Gunakan setiap dua kali seminggu.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak