8 Manfaat Buah Bit untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Desember 20, 2019

8 Manfaat Buah Bit untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Buah bit atau beet root sering dijadikan jus, smoothies, bahkan salad. Selain dikonsumsi secara oral, ternyata buah bit ini menyimpan manfaat baik untuk kecantikan kulit. Buah yang identik dengan warna merah tumbuh dalam tanah berjenis umbi-umbian dan paling banyak ditemukan pada wilayah Amerika Utara maupun Inggris. Kandungan dan nutrisi yang ada dalam buah bit banyak sekali antara lain asam folat, serat, vitamin C, magnesium, zat besi, kalium, fosfor, tembaga, betasianin, caumarin, dan tripofan. Untuk kecantikan, buah bit terkenal sebagai sumber antioksidan, selain mencegah adanya kerutan halus, juga bisa membuat kulit halus dan kenyal karena dapat menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit mati. Selain itu, manfaat lain dari buah bit adalah:

1. Menjaga kulit tetap halus

Buah bit adalah obat alami untuk membuat kulit tetap halus tanpa rasa lengket. Kaya akan zat besi dan karotenoid, buah bit dapat menyerap dengan mudah ke dalam pori-pori kulit dan melembapkannya dari dalam.

Caranya: Campurkan parutan buah bit dengan dua sendok susu atau yogurt dan sedikit minyak almond lalu usapkan campuran tersebut ke kulit tubuh maupun wajah. Pijat lembut dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air dingin.

2. Mencerahkan wajah

Kandungan zat besi, fosforus, dan protein yang kaya pada buah bit dapat memberikan kulit merona merah jambu yang sehat. Selain itu, buah bit juga mengandung Vitamin C yang mencegah pigmentasi kulit sehingga menjaga rona wajah tetap bersinar. Memakai ekstrak buah bit di wajah bisa menjadi blush natural dan pastinya lebih aman dibanding memakai perona wajah buatan yang dipenuhi bahan kimia.

Caranya: Parut potongan bit dan usapkan ke area wajah dan leher. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dicuci bersih. Bila dilakukan secara rutin, masker buah bit ini dapat memberikan rona merah jambu pada kulit wajah.

3. Mencegah jerawat

Buah bit bermanfaat mengatasi kulit berminyak dengan cara mengangkat minyak berlebih yang menumpuk di pori-pori kulit wajah. Selain itu, buah bit juga berfungsi sebagai antiseptik dan anti-mikroba yang mampu meredakan peradangan di daerah sekitar jerawat.

Caranya: Campur jus buah bit dan jus tomat dengan proporsi yang seimbang lalu usapkan pada wajah sebagai masker alami. Biarkan mengering sekitar 15 menit lalu bilas sampai bersih.

4. Menghilangkan kantung mata

Kantung mata dan dark circle bisa diatasi dengna buah bit. Berfungsi sebagai antioksidan, buah bit memiliki efek revitalisasi.

Caranya: Celupkan kapas ke dalam jus bit yang sudah dicampur dengan madu dan susu. Kompres matamu yang sudah terpejam selama sekitar 10 menit sebelum dicuci bersih dengan air dingin.

5. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang tinggi dari buah bit dapat melindungi kulit dari penuaan dini. Tidak hanya itu, buah bit juga dapat menangkal dan menetralisir resiko negatif dari radikal bebas.

6. Mencerahkan warna bibir

Banyak kondisi internal dan eksternal yang dapat membuat bibir kita menjadi kering, pecah-pecah, dan berwarna gelap. Buah bit bisa menjadi solusi untuk menjaga bibir tetap lembap dan warna kemerahan alaminya juga membuat bibir terlihat sehat.

Caranya: Usapkan perasan buah bit ke area bibir sebagai lip mask. Kamu juga bisa mencampur parutan halus buah bit dengan sedikit gula pasir untuk mengeksfoliasi kulit bibir untuk mengangkat kulit mati dan noda gelap akibat kopi, teh, rokok, dll.

7. Mengurangi kerontokan rambut

Salah satu penyebab umum dari kerontokan rambut adalah kekurangan asupan mineral. Buah bit memiliki banyak mineral dan nutrisi seperti potassium, elektrolit, dan zat besi yang dibutuhkan untuk mengurangi kerontokan dan kerusakan rambut.

Caranya: Buah bit bisa dimanfaatkan sebagai shampoo dan masker rambut alami. Untuk pencuci rambut, bisa memanaskan jus buah bit dengan temperatur yang cukup nyaman lalu pakai di rambut sampai ke kulit kepala dan akar. Untuk masker rambut, campurkan jus buah bit atau yang berbentuk pulp bersama biji kopi yang sudah digiling hingga menjadi pasta. Pakai pasta tersebut di rambut sebelum mencuci rambut dengan shampoo.

8. Mengobati ketombe

Buah bit juga bermanfaat mengatasi masalah infeksi jamur dan kulit kepala kering yang menjadi penyebab ketombe. Kandungan enzim dan silica dalam buah bit membantu melembapkan kulit kepala, mengikis sel kulit mati, dan menyingkirkan bakteri penyebab ketombe sehingga rambut dan kulit kepalamu tetap sehat.

Caranya: Tambahkan sedikit vinegar ke dalam jus buah bit lalu usapkan ke rambut sebelum dibersihkan dengan shampoo. Bila dilakukan secara rutin, cara ini efektif untuk mengusir ketombe penyebab gatal.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak