8 Makanan yang Tidak Boleh Kamu Makan Saat Masih Mentah

September 25, 2019

8 Makanan yang Tidak Boleh Kamu Makan Saat Masih Mentah

          Kamu pecinta makanan mentah seperti sashimi dan sushi? Atau kamu juga suka makan telur setengah matang bahkan mentah? Banyak makanan yang dapat kita konsumsi saat masih mentah, asalkan tetap terjaga kebersihannya. Tetapi ada banyak makanan yang tidak boleh kamu makan saat masih mentah. Apa saja makanan itu? Yuk kita bahas satu persatu!

1. Daging dan Unggas
          Daging sapi, babi, ayam, dan kalkun yang mentah atau kurang matang sangat berisiko jika dikonsumsi. Kebanyakan unggas mentah mengandung bakteri Campylobacter, Salmonella, Clostridium perfringens, dan bakteri lainnya. Daging mentah juga mungkin mengandung Salmonella, E. coli, Yersinia, dan bakteri lainnya. Kamu harus memastikan daging benar-benar matang saat mengonsumsinya.

2. Sosis/ Hot Dog
          Sosis atau hot dog bisa sangat berbahaya apabila kamu memakannya saat masih mentah. Sosis/hot dog kemasan dapat terkontaminasi bakteri Listeria, yang hanya dapat dibunuh dengan memanaskan kembali sosis dan hot dog.

3. Kentang
          Makanan yang kaya karbohidrat ini sama sekali tidak boleh dimakan saat mentah. Mengonsumsi kentang mentah dapat menyebabkan kembung dan efek gastrointestinal yang tidak diinginkan, karena kentang mengandung pati yang tahan dicerna. Jika kentang mentah lama didiamkan di daerah yang hangat atau lembab, kentang dapat berubah menjadi hijau dan mengembangkan racun yang disebut solanine. Jika kentang nampak ada bintik-bintik hijau, kamu harus menghindari memakannya sama sekali, karena solanin dapat menyebabkan keracunan makanan.

4. Singkong
          Daun dan akar singkong mentah mengandung glikosida sianogen, bahan kimia yang melepaskan sianida saat dimakan. Tentunya kamu tidak ingin mati karena memakan singkong mentah, bukan? Singkong masih dapat dimakan, tetapi pastikan kamu mencucinya dengan seksama, membilasnya, mengupasnya, dan memasaknya sebelum dikonsumsi.

5. Tauge
          Tauge sangat sehat untuk dimakan, namun harus dalam keadaan matang! Tauge mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli, Salmonella, dan Listeria. Ini akibat tauge ditanam di kondisi hangat dan lembab di mana bakteri dapat tumbuh dengan subur. Karena itu, pastikan tauge yang kamu beli dalam keadaan segar ya, Ladies!

6. Kacang Merah
          Kacang merah mengandung banyak protein, serat, dan antioksidan. Tetapi memakannya mentah bisa menyebabkan keracunan makanan. Ini karena kacang merah mentah mengandung toksin phytohemagglutinin, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan di pencernaan. Rebuslah kacang merah selama setidaknya sepuluh menit sebelum memakannya.

7. Susu
          Kamu tidak perlu memasak susu dalam botol atau kotak. Susu mentah yang dimaksud adalah susu yang berasal langsung dari sapi dan tanpa dipasteurisasi. Susu mentah ini dapat mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli dan Salmonella. Susu mentah 150 kali lebih mungkin menyebabkan penyakit bawaan makanan daripada produk susu lainnya. Jadi pastikan untuk selalu membeli susu yang dipasteurisasi.

8. Tepung
          Kamu sebaiknya tidak mencicipi adonan kue mentah karena kamu tidak boleh memakan tepung mentah. Selama perjalanannya dari tangkai gandum sampai menjadi tepung kemasan, tepung mungkin bersentuhan dengan bakteri seperti E. coli, yang hanya dapat dimatikan dengan memasaknya.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak