8 Makanan yang Bikin Osteoporosis Lebih Cepat

September 20, 2019

8 Makanan yang Bikin Osteoporosis Lebih Cepat

          Menjaga tulang tetap kuat bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Kalsium dan vitamin D merupakan gizi terbaik untuk membuat tulang tetap kuat. Tetapi kamu juga harus memperhatikan bahwa ada makanan-makanan tertentu yang malah mengeropos tulang dan menyebabkan osteoporosis. Sebaiknya kamu menghindari makanan seperti :

1. Makanan Manis
          Bagi kamu pecinta makanan manis, sebaiknya kamu mulai menguranginya, Ladies! Ketika seseorang terlalu banyak makan makanan manis, ini menyebabkan orang tersebut tidak mendapatkan makanan cukup nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh yang mendukung kesehatan tulang, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan kaya antioksidan seperti plum dan cranberry.

2. Makanan Tinggi Sodium
          Sayangnya semakin banyak makanan asin yang kamu konsumsi, akan semakin banyak kalsium dalam tubuh yang hilang. Garam menyebabkan ekskresi kalsium berlebihan melalui ginjal. Kebiasaan makan makanan asin membuat tubuh lebih rentan terhadap osteoporosis karena menyebabkan penipisan tulang. Kendalikan asupan garam harianmu di bawah 2.300 miligram.

3. Daging Merah
          Mengonsumsi terlalu banyak protein hewani juga dapat melepaskan kalsium dari tulang. Jika kamu menderita osteoporosis, batasi konsumsi daging merah hingga dua kali seminggu dan memakannya hanya dalam porsi kecil. Mengurangi makanan olahan, gorengan, permen dan makanan manis berdampak positif pada kesehatan tulang. Fokuslah untuk memakan banyak buah dan sayuran, produk susu rendah lemak, ikan, unggas, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

4. Makanan Penyebab Peradangan Tulang
          Sayuran seperti tomat, jamur, paprika, kentang putih, dan terong, dapat menyebabkan peradangan tulang, yang mengarah pada osteoporosis. Karena makanan ini mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan bagi tubuh, kamu tidak perlu menghindari makanan ini sepenuhnya. Jika kamu menjaga tubuhmu tetap mendapatkan kalsium 1.000-1.200 miligram per hari, makanan ini dapat dengan bebas kamu konsumsi.

5. Bayam Mentah
          Bayam mentah mengandung kalsium yang menyehatkan tulang, tetapi juga mengandung zat yang disebut oksalat. Zat oksalat dapat mengikat kalsium itu dan membuatnya tidak berfungsi bagi tubuh. Agar kamu dapat menikmati manfaat kalsium dari bayam, disarankan untuk menambahkan keju saat memasak bayam sehingga kamu dapat menyerap kalsium dari keju.

6. Soda
          Terlalu sering minum soda dapat memperburuk kesehatan tulangmu.Soda dapat mengurangi kepadatan mineral tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Ini berlaku untuk semua minuman soda baik itu soda biasa, soda diet, cola atau non-cola, dan berkafein atau bebas kafein. Hindari minum soda dalam situasi apapun.

7. Kafein
          Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kafein membuat kepadatan tulang berkurang. Kafein dapat melepaskan kalsium dari tulang sehingga membuat tulang menjadi melemah. Ketika dikombinasikan dengan makanan manis, efek dari kafein dapat lebih besar dalam menyebabkan osteoporosis. Untuk mengatasinya, minumlah kopi atau teh tanpa kafein dan batasi makan makanan manis.

8. Alkohol
          Alkohol berkontribusi besar terhadap penurunan massa tulang, penurunan pembentukan tulang dan memperlambat kesembuhan patah tulang. Orang yang mengonsumsi alkohol memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah. Batasi konsumsi alkohol hingga 2-3 gelas sehari saja atau tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak