8 Makanan yang Bikin Kulit Bebas Jerawat dan Kusam

Oktober 16, 2019

8 Makanan yang Bikin Kulit Bebas Jerawat dan Kusam

          Ketika berbicara tentang kulit, perawatan dari dalam dan luar sama-sama penting dan harus berjalan beriringan. Produk skin care terbaik bahkan sulit untuk mengatasi jerawat dan kulit kusam apabila kita tidak menjaga kesehatan kulit dari dalam. Penelitian menunjukkan bahwa makanan rendah glikemik dan protein tinggi dapat berperan mengatasi jerawat. Jadi, untuk kulit yang bebas jerawat dan kusam, mari mulai dari makanan seperti:

1. Kale
          Kale atau sejenis daun kol ini merupakan makanan rendah kalori yang tinggi serat. Kale mengandung vitamin A, B-6, C, dan K, mangan, kalsium, tembaga, kalium, serta magnesium.  Antioksidan, vitamin, dan mineral dalam kangkung berfungsi mengurangi hiperpigmentasi, yang merupakan kunci untuk meratakan warna kulit. Vitamin C berfungsi sebagai pembentuk kolagen, sekaligus membantu memperbaiki bekas jerawat lebih cepat dengan meningkatkan pergantian sel.

2. Kembang Kol
          Sayuran kembang kol mengandung asam amino yang kuat bernama histidin. Paparan sinar matahari yang berlebihan akan membuat kulit hiperpigmentasi dan muncul bintik-bintik gelap. Histidin mencegah sinar UV dari matahari yang berbahaya merusak kulit. Kol juga baik untuk tubuh karena mengandung vitamin B6, C, dan K, serat, folat, fosfor, serta magnesium.

3. Labu
          Kaya akan seng dan asam hidroksi alfa (AHA), labu dapat melembutkan kulit dan mengembalikan keseimbangan pH. Seng juga membantu mengatur jumlah produksi minyak sehingga dapat mengurangi potensi timbulnya jerawat.

4. Ubi Jalar
          Ubi jalar yang berwarna oranye memiliki kandungan beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A. Salah satu turunan vitamin A yaitu retinol sangat ideal untuk melawan jerawat dan menangkal keriput. Vitamin A akan bertindak sebagai pelindung kulit terhadap perubahan warna, peradangan, dan pori-pori tersumbat yang sering disebabkan oleh radikal bebas.

5. Pepaya
          Pepaya mengandung enzim pencernaan yang disebut papain. Enzim ini berguna untuk mengelupas sel-sel kulit mati, memudarkan bekas jerawat, melembabkan, tidak menyumbat pori-pori dan mencegah jerawat timbul kembali. Vitamin dan mineral dari pepaya juga meningkatkan elastisitas kulit dan membantu menghilangkan tampilan kerutan serta garis-garis halus.

6. Lemon
          Lemon segar dapat berfungsi mengencangkan kulit kendur dan menyamarkan noda gelap. Lemon membantu meringankan bekas jerawat, meningkatkan produksi kolagen, dan menangkal efek radikal bebas.

7. Berry
          Stroberi, ceri, raspberry, blueberry, dan blackberry penuh dengan vitamin C dan antioksidan yang juga dapat ditemukan di paprika, kiwi, dan brokoli. Vitamin C adalah senjata ampuh melawan kulit berjerawat. Kandungan antioksidan dalam buah-buahan ini juga membantu melawan komedo serta menyamarkan bintik-bintik gelap. Selain itu, buah-buah berry ini dapat menjaga kadar gula darah, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes, meningkatkan kesehatan, dan melancarkan buang air besar.

8. Salmon
          Salmon dengan kulitnya merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi sarden, makarel, dan ikan teri. Omega-3 melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi risiko terkena kanker kulit dan bintik-bintik gelap. Salmon juga kaya akan antioksidan, protein, Vitamin B, kalium, selenium.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak