8 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan dalam Merawat Kulit

Oktober 04, 2019

8 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan dalam Merawat Kulit

Sebagian orang mengira merawat kulit itu mudah. Tinggal dibersihkan lalu pakai produk skincare yang dapat melindungi dan mempertahankan kulit. Namun, tanpa disadari sebenarnya banyak sekali kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat kulit.

1. Tidak mencuci wajah setelah berolahraga

Usai berolahraga, seluruh tubuh termasuk wajah berkeringat. Pastikan kamu membersihkan wajah setelah berolahraga lalu jangan lupa gunakan pelembab dan sunscreen.

2. Pakai sunscreen saat ke luar ruangan

Banyak orang tidak menyadari bahwa di dalam ruangan pun dapat terkena sinar matahari. Selain itu, sinar radiasi dari handphone dan laptop juga dapat mempercepat penuaan serta kusam. Untuk itu, menggunakan sunscreen tidak hanya berada di luar tetapi dalam ruangan pun perlu.

3. Melewatkan perawatan dasar

Merawat kulit dengan skincare adalah investasi jangka panjang. Jangan pernah melewatkan perawatan dasar, seperti membersihkan wajah setiap pagi dan malam hari, menggunakan pelembab sesuai jenis kulit, serta pakai sunscreen di manapun kamu berada. Tiga langkah ini adalah perawatan dasar yang musti kamu terapkan sehari-hari. Selain itu, pastikan kamu tidur teratur selama 7-8 jam agar kulit terlihat segar saat bangun.

4. Menggunakan masker wajah terlalu sering

Menggunakan masker wajah untuk kulit berminyak baiknya sekali setiap 7-10 hari. Kulit kombinasi bisa gunakan masker wajah sekali seminggu. Kulit normal gunakan dua kali seminggu. Sementara, kulit kering, bisa menggunakan masker wajah satu atau dua kali seminggu. Sedangkan, untuk kulit sensitif, rosacea, atau kondisi kulit dengan peradangan perlu berhati-hati dengan masker wajah yang digunakan.

5. Menggunakan tisu wajah

Tisu pembersih wajah mengandung banyak alkohol yang bisa merusak pelindung alami dan mengubah kadar pH kulit. Daripada gunakan tisu wajah, baiknya pakai toner yang dapat mengembalikan pH kulitmu. Disarankan, bersihkan wajah dengan facial wash atau double cleansing. Sebab, kulit akan mengalami perubahan ketika dibersihkan dengan tisu wajah dibanding facial wash atau double cleansing.

6. Tidak melakukan facial rutin

Melakukan tindakan facial menjadi pelengkap dalam merawat kulit. Minimal lakukan setiap bulan sekali lalu tiap tiga bulan. Pilih klinik kecantikan kulit yang menyediakan sesi konsultasi sebelum mengambil tindakan facial agar bisa mendapatkan perawatan yang sesuai.

7. Tidak mengubah rutinitas perawatan kulit

Pada saat musim panas baiknya kamu menggunakan serum antioksidan untuk melindungi wajah dan tubuh dari polusi. Gunakan serum bersama sunscreen dan pilihlah produk bertekstur ringan. Jangan pernah minum teh, kopi, dan alkohol setelah facial selama 24 jam. Serta, jangan sauna dan berolahraga lebih dulu. Hal ini dapat memperburuk kondisi kulit, khususnya pemilik kulit sensitif dan kering.

8. Menggunakan makeup berkualitas rendah

Jika kamu menggunakan makeup setiap hari, pilih makeup berkualitas tinggi. Pastikan menggunakan makeup tidak hanya menyatu dengan kulit tetapi juga memberi manfaat baik. Sebab, ada sejumlah produk makeup bisa menimbulkan jerawat. Misalnya, produk yang mengklaim label “mineral” padahal sintetis. Selain itu, istirahatkan kulit dari makeup setiap sekali seminggu. Tapi, jika tuntutan pekerjaan yang mengharuskan makeup setiap hari maka beli produk skincare berkualitas untuk perawatan malam hari. Pada malam hari, kulit memperbaiki dirinya.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak