8 Kandungan Acid yang Ramah untuk Kulit

Desember 18, 2019

8 Kandungan Acid yang Ramah untuk Kulit

Kandungan acid atau zat asam seringkali ditemukan di berbagai produk kecantikan. Beberapa kandungan acid ini dipercaya efektif dan bermanfaat untuk kulit. Misalnya, untuk menghilangkan sel kulit mati, membuat kulitmu lebih halus serta cerah, mengatasi pori-pori yang tersumbat, jerawat, bahkan penuaan. Setidaknya ada delapan kandungan acid yang ramah untuk kulit.

1. Hyaluronic acid

Asam hialuronat adalah satu-satunya asam yang tidak bekerja seperti asam lainnya. Ia dapat menahan air di dalam kulit, sehingga kulitmu tetap kenyal dan lembap. Jenis asam ini merupakan bahan yang sangat efektif untuk membantu menghaluskan garis-garis halus serta mencegah penuaan.

2. Salicylic Acid

Sebagai jenis asam beta-hidroksi atau BHA, salicylic acid sering digunakan pada produk khusus kulit berjerawat. Kandungannya dapat mengatasi jerawat dan bekasnya, mencegah peradangan kulit, membersihkan kotoran yang menumpuk dan tersumbat di pori-pori, serta menghilangkan sel kulit mati.

3. Lactic acid

Lactic acid atau asam laktat merupakan AHA yang secara kimia mengeksfoliasi untuk menghilangkan sel kukit mati secara lebih ringan. Jika kamu memiliki kulit kering, dehidrasi, sensitif atau sedang hamil, gunakan asam laktat untuk menghilangkan sel kulit mati serta menjaganya agar tetap lembap.

4. Glycolic acid

Asam glikolat berfungsi untuk memengangkat sel kulit mati yang ada di lapisan luar, membantu mempercepat pergantian sel, menyamarkan noda hitam, dan mencerahkan kulit. Selain itu, membantu meningkatkan produksi kolagen. Jika ingin menggunakannya setiap hari, pilih kandungan glycoli cacid dengan kadar 6-12 persen. Kadar ini bermanfaat lebih baik tanpa menimbulkan risiko.

5. Citric acid

Citric acid atau asam sitrat seringkali ditemukan pada produk perawatan kulit yang bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati. Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami. Biasanya ditemukan pada daun dan tumbuhan berjenis citrus (jeruk)

6. Kojic Acid

Ditemukan dalam jamur asli Jepang dan sangat terkenal sebagai pencerah warna kulit. Jenis acid ini bermanfaat untuk mengurangi produksi melanin di kulit yang menyebabkan bintik hitam. Tapi pada sebagian orang, kandungan ini dapat mengiritasi.

7. Retinoic acid

Retinoic acid atau tretinoin merupakan turunan vitamin A yang digunakan melawan tanda penuaan dini. Cara kerja kandungannya dengan memicu pertumbuhan sel kulit baru dan memperkuat lapisan dalam kulit. Berfungsi menyamarkan hiperpigmentasi dan mengangkat sel kulit mati. Biasanya, sebagian wanita akan mengalami pengelupasan dan kemerahan pada awal pemakaian. Tapi, itu dianggap wajar karena kinerjanya memang seperti itu.

8. Myristic acid

Kandungan acid ini masih terdengar asing di telinga. Senyawa yang juga dikenal tetradecanoic acid sering ditemui pada biki pala, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Di industri kecantikan, kandungan ini berperan penting saat membersihkan wajah, efektif menyerap minyak berlebih, dan mengangkat kotoran di kulit. Namun, kamu perlu perhatikan kadar pemakaiannya agar kulit tidak kering. 




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak