8 Cara Mencegah Kanker Payudara

November 05, 2019

8 Cara Mencegah Kanker Payudara

          Dari namanya saja, kanker payudara seringkali menjadi hal yang paling menakutkan bagi wanita. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cara-cara sederhana ini bisa kamu lakukan untuk membantu menurunkan risiko terkena kanker payudara. Mari kita bahas satu persatu.

1. Cari Tahu Sejarah Keluarga
          Cara pertama untuk mencegah kanker payudara yaitu melihat riwayat keluarga. Kamu bisa lebih mungkin terkena kanker payudara apabila ibu atau saudara perempuanmu menderita kanker payudara. Riwayat ini juga berlaku pada anggota keluarga laki-laki sehingga penting untuk mengetahuinya dan segera melakukan pemeriksaan.

2. Makan Buah & Sayuran
          Diet sehat dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara. Cobalah makan banyak buah-buahan dan sayuran setiap harinya. Perhatikan juga untuk tidak banyak minum alkohol atau sama sekali tidak minum alkohol.

3. Aktif Secara Fisik
          Olahraga merupakan cara yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang aktif secara fisik setidaknya 30 menit sehari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Olahraga teratur juga merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu menjaga berat badan.

4. Jaga Berat Badan
          Mengurangi berat badan mungkin akan lebih mudah dibandingkan mempertahankan berat badan. Hal ini sangat penting karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berbagai kanker termasuk kanker payudara, terutama setelah menopause.

5. Menyusui, Jika Memungkinkan
          Menyusui selama satu tahun atau lebih dapat menurunkan risiko kanker payudara. Ini juga memiliki manfaat kesehatan yang besar bagi anak.

6. Jangan Merokok
          Selain menurunkan kualitas hidup dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan setidaknya 15 kanker termasuk kanker payudara, merokok juga menyebabkan bau mulut, gigi menguning, dan kerutan. Cobalah untuk mulai hidup bebas rokok atau bebas dari asap rokok.

7. Hindari Pil KB, Terutama Setelah Umur 35
          Pil KB memiliki risiko dan manfaat. Semakin muda seorang wanita, semakin rendah risikonya. Saat wanita mengonsumsi pil KB, risiko kanker payudara bertambah sedikit. Namun risiko ini hilang dengan cepat setelah berhenti minum pil.

8. Jangan Lupa Screening
          Meskipun ada beberapa kontroversi, penelitian menunjukkan bahwa screening kanker payudara dengan mamografi dapat menyelamatkan nyawa. Ini tidak membantu mencegah kanker, tetapi dapat membantu menemukan kanker sejak dini dan dapat lebih cepat diobati. Bagi kebanyakan wanita, mammogram reguler dapat dimulai pada usia 40.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak