7 Trik Atasi Tumit Kaki yang Pecah

Juli 24, 2019

7 Trik Atasi Tumit Kaki yang Pecah

Tumit kaki pecah-pecah menjadi satu masalah kulit yang sering dialami orang. Kondisi ini terjadi karena dasarnya sudah kering akibat tidak memiliki kelenjar minyak. Akhirnya, menyebabkan kulit kaki mudah kapalan dan retak. Ketika kaki menapak tanah untuk menopang tekanan berat selama berjalan, kulitnya akan kering, tebal, dan pecah. Terlebih, bagi wanita yang senang menggunakan sandal atau sepatu terbuka saat bepergian.

Tak hanya itu, tumit kaki kering dan pecah juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Misalnya, diabetes, gangguan tiroid, hingga psoriasis dan eksim. Faktor umur juga memengaruhi tumit kaki kering. Jika sudah kering dan pecah akan terasa sakit saat berjalan, bahkan bisa berdarah dan menyebabkan infeksi serius. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa cara ini:

1. Hindari produk yang bikin iritasi

Hindari penggunaan sabun atau produk perawatan kulit yang keras dan wangi. Produk perawatan kulit yang mengandung wewangian, alkohol, retinoid, atau asam alfa hidroksi bisa membuat kulit kering dan sensitif. Pilih produk yang berbahan ringan karena ampuh untuk menjaga kelembapan pada kulit tumit.

2. Pakai sepatu tertutup

Pakailah sepatu dengan tumit tertutup untuk mencegah kulit retak dan pecah. Sepatu dengan tumit tertutup dan bantalan empuk akan memberi perlindungan pada tumit. Disarankan juga menggunakan kaus kaki berbahan katun untuk mengurangi gesekan yang menyebabkan kulit menjadi pecah-pecah. Kaus kaki berbahan katun dapat menyerap keringat dan nmemberi kelembapan yang memungkinkan kulit bernapas dan membantu mencegah kulit kering.

3. Oleskan pelembab

Mengoleskan pelembab yang kental dan kaya kandungan shea butter, lidah buaya, atau petrleum jelly bagus menyembuhkan tumit kaki yang kering dan retak. Oleskan pelembab setiap malam sebelum tidur dan bungkus dengan kaus kaki hingga pagi hari. Lakukan ini setiap habis mandi untuk hasil penyerapan terbaik.

4. Pijat dengan minyak

Tidak semua pelembab bekerja sama baiknya, minyak cenderung bekerja lebih baik daripada lotion karena cepat menyerap ke dalam kulit. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun, almond, wijen, tea tree oil, hingga minyak kelapa. Vitamin E juga merupakan pelembab yang mampu membantu menyembuhkan dan mencegah tumit kaki pecah-pecah. Kamu bisa dapatkan vitamin E dalam bentuk suplemen atau minyak alami. Oleskan minyak alami di bagian yang pecah dan pijat perlahan, lakukan setiap malam sebelum tidur. Minyak akan membantu melembabkan, sementara pijatan merangsang sirkulasi agar mempercepat penyembuhan. Bungkus dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman. Lakukan setelah mandi.

5. Lulur oatmeal

Lulur oeatmeal telah menjadi obat selama ratusan tahun sebagai penyembuh iritasi dan peradangan kulit. Mencampurkan oatmeal dan minyak zaitun menjadi metode perawatan terbaik penyembuhan tumit kaki pecah. Caranya, aduk rata satu sendok makan oats kering dan satu sendok makan minyak zaitun atau almond. Oleskan campurannya ke kaki yang bermasalah, biarkan merasap hingga setengah jam dan bilas bersih. Kemudian oleskan pelembab kulit dan lakukan setiap dua hari sekali sampai gejala membaik.

6. Masker alpukat pisang

Pisang adalah salah satu alternatif terbaik menyembuhkan tumit kaki pecah-pecah dengan cepat. Alpukat kaya akan minyak esensial, vitamin, dan lemak yang membantu memperbaiki kulit kering. Ambil satu buah pisang dan setengah alpukat, campurkan keduanya lalu haluskan. Oleskan campuran tersebut ke tumit yang pecah dan biarkan selama 10-20 menit. Bungkus dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman. Lalu oleskan pelembab setiap pemakaian. Gunakan setiap dua hari sekali sampai gejala membaik.

7. Masker tepung beras

Tekstur tepung beras yang kasar mampu mengelupas, membersihkan, dan menutrisi kulit kaki dengan asupan mineral penting sehingga kulit terasa lebih lembut dan halus. Ambil dua sampai tiga sendok makan tepung beras dan tambahkan beberapa tetes madu atau cuka sari apel untuk membuat masker. Jika kaku sangat kering dan pecah-pecah parah, bisa menambahkan satu sendok teh minyak zaitun atau almond. Sebelum menggunakan masker, kamu bisa merendak kaki dalam air hangat selama 10 menit lalu keringkan kemudian oleskan masker tersebut dan pijat dengan lembut untuk mengangkat lapisan kulit mati. Kamu bisa lakukan ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik. Jangan lupa untuk konsumsi air putih yang bisa melembabkan kulit tubuh, termasuk kaki.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak