7 Tips Perawatan untuk Kulit Berminyak yang Tepat

September 16, 2019

7 Tips Perawatan untuk Kulit Berminyak yang Tepat

Memiliki kulit berminyak memang butuh perawatan ekstrak hati-hati seperti merawat kulit sensitif. Salah perawatan, kulitmu akan mudah jerawatan karena kulit berminyak lebih rentan berjerawat. Nah, solusinya bagaimana untuk merawat kulit berminyak yang tepat?. Kamu bisa ikuti berbagai perawatan untuk kulit berminyak berikut ini:

1. Rutin mencuci muka

Cuci muka cukup dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan produk pembersih wajah yang sesuai jenis kulit. Usahakan untuk menggunakan produk sabun wajah yang berbahan ringan tanpa wewangian atau bahan kimia keras yang bisa mengiritasi kulit.

2. Toner

Dalam penelitian yang diterbitkan The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mengungkapkan astringent alami seperti witch hazel dapat menenangkan kulit. Sebagian orang, astringent alami membantu membuat pori besar tampak lebih kecil. Toner juga bisa menghilangkan sisa produk makeup yang menyumbat pori-pori. Sayangnya, tidak semua orang kulit berminyak cocok menggunakan astringent alami karena justru bisa bikin kulit gatal atau kesemutan. Jika tidak cocok, gunakan toner jenis apapun yang tidak menimbulkan efek samping. Kamu bisa cari produk toner yang mengandung asam laktat, glikolat, atau salisilat bisa membantu membersihkan pori dengan cara mengeksfoliasi kulit mati. Meski begitu, apapun produknya baiknya lakukan tes lebih dulu sebelum menggunakan ke seluruh wajah.

3. Pelembab

Pelembab tidak hanya untuk kulit kering dan sensitif, kulit berminyak juga butuh menggunakannya. Pilihlah pelembab berbahan ringan yang mengandung asam hialuronat atau lemon yang memiliki sifat anti bakteri dan anti astringent. Carilah produk yang berlabel non komedogenik berbahan dasar air agar tidak menyumbat pori.

4. Kertas minyak

Blotting paper atau kertas minyak membantu menghilangkan kelebihan minyak di wajah. Cukup menekan kertas minyak ke wajah dan biarkan beberapa detik. Jangan gosokan kertas minyak ke wajah karena bisa membuat minyak menyebar ke area lainnya.

5. Pilih produk kecantikan bebas minyak

Kulit berminyak harus menggunakan produk kecantikan seperti skincare atau makeup yang bebas minyak. Pilihlah produk berbahan dasar air dan bertekstur gel. Pilih yang oil free dan non-komedogenik.

6. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Sejak dini, hindari menyentuh wajah dengan tangan karena ada banyak sekali kuman tak terlihat bersarang di tangan. Semakin sering menyentuh wajah, semakin tinggi pula risiko berjerawat. Hal ini berlaku untuk semua jenis kulit.

7. Memilih makanan yang tepat

Minyak ikan atau asam lemak omega 3 membantu merawat kulit berminyak agar terhindar dari jerawat. Ini dikarenakan kandungan anti radang dalam minyak ikan cukup tinggi. Kurang produk susu, makanan manis, dan karbohidrat olahan seperti roti atau kue. Usahakan sering makan namun dalam porsi kecil. Tujuannya, agar gula darah tetap stabil sehingga mengurangi produksi minyak yang menyumbat pori-pori.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak