7 Tips Hentikan Rambut Rontok Pada Pria

Oktober 15, 2019

7 Tips Hentikan Rambut Rontok Pada Pria

          Kerontokan rambut tak hanya dialami wanita namun juga sering dialami oleh para pria. Banyak penyebab yang memicu kerontokan rambut pada pria seperti hormon, genetika atau bahkan kebiasaan yang buruk saat mandi. Bagaimana cara mengatasinya? Ini dia 6 tips yang dapat pria lakukan untuk menghentikan rambut rontok!

1. Atur Asupan Makanan
          Salah satu cara untuk mengembalikan rambut yang sehat yaitu menutrisi dari dalam. Dengan makan makanan yang mengandung protein tanpa lemak seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kedelai, ketiganya dapat mendukung pertumbuhan rambut. Selain itu kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung vitamin E dan lemak sehat sebagai asupan minyak yang dibutuhkan rambut agar tetap lembut dan sehat. Kamu juga dapat menambahkan kayu manis ke makanan sebagai penyedia oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk rambut.

2. Kelola Stres
          Stres yang tinggi dapat menyebabkan rambut rontok lebih cepat. Cara terbaik untuk mengelola stres yaitu melakukan relaksasi dan meditasi. Lakukan hal-hal yang dapat membuat pikiran lebih rileks seperti minum teh atau sekadar istirahat cukup.

3. Nutrisi dengan Vitamin
          Untuk membantu mencegah rambut rontok, kamu juga perlu vitamin yang cukup bagi rambut. Vitamin A dapat membantumu mengatur sintesis asam retinoat dalam folikel rambut. Vitamin B dapat membantu mengurangi tingkat stres (penyebab kerontokan rambut) sementara vitamin C, D, dan E membantu tubuh mempertahankan nutrisi yang diperlukan agar rambut tetap sehat.

4. Perhatikan Gaya Rambut
          Pria yang memiliki rambut panjang cenderung mengalami kerontokan rambut lebih banyak. Hal ini akan semakin berpengaruh saat rambut panjang itu diikat dengan kencang. Tarikan yang konstan akan merusak folikel rambut sehingga rambut rontok lebih cepat. Kamu mungkin dapat mempertimbangkan gaya rambut yang tepat untuk menjaga kesehatan rambutmu.

5. Olahraga Teratur
          Olahraga tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga bagus bagi kesehatan rambut. Olahraga terbukti sebagai pereda stres dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut.

6. Batasi Rokok dan Alkohol
          Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga berpengaruh besar pada kesehatan rambut. Merokok dapat menjadi masalah karena berdampak pada aliran darah ke folikel rambut. Sementara minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan kekurangan nutrisi.

7. Konsultasikan Dokter
          Jika semua tips di atas tidak dapat membantumu untuk menghentikan kerontokan rambut, ada baiknya kamu mengkonsultasikannya dengan dokter kulit. Hal ini untuk mengetahui penyebab sebenarnya kerontokan rambut dan hal apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak